#YMPlanner: Ada Apa Saja di Bulan Juni 2018?

Apa yang akan kamu lakukan di bulan Juni 2018? Sudah ada rencana, to do list, dan target yang ingin dicapai? Atau  belum ada bayangan?

Failing to plan is planning to fail. Ungkapan ini menekankan pentingnya membuat rencana untuk mencapai tujuan. Salah satu langkah dalam membuat planning yang oke, adalah dengan berada satu langkah di depan. Makanya, Youthmanual memberikan bocoran tentang apa saja yang akan terjadi dan momen apa yang bakalan kamu hadapi di sepanjang Juni 2018, biar kamu bisa mengantisipasinya. Cekidot!

# 1 Juni: Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila tahun ini jatuh pada Jumat yang berarti long weekend. Kalau kamu ingat, pada peringatan tahun lalu, ramai kampanye #SayaPancasila di media sosial. Tahun ini, dengan berbagai peristiwa yang terjadi, ideologi Pancasila menjadi semakin penting. Persatuan, toleransi, dan semangat kebangsaan dan Kepercayaan kepada Tuhan merupakan bagian dari nilai Pancasila yang penting untuk kita jaga.

Nggak perlu jauh-jauh deh, refleksikan aja semangat pancasila di media sosial kamu. Seperti dengan berpikir sebelum posting sesuatu atau memberikan komentar. Apakah bakalan mencederai persatuan dan semangat kebangsaan? Jangan posting duluan, mikirnya baru belakangan ya, gaes.

Oya, 1 Juni juga diperingati sebagai Hari Perlindungan Anak-Anak Sedunia, lho.

# Awal Juni: UAS di kampus-kampus

Jadwal tiap kampus memang berbeda-beda. Namun sebagian perguruan tinggi menggelar ujian akhir semester sebelum lebaran. Alhasil, mahasiswa pada sibuk. Sebab UAS nggak cuma berupa ujian di kelas, tapi ada juga esai, makalah, dan proyek.

Buat yang pengen tahu berbagai jenis ujian di bangku kuliah plus tips menghadapinya, cek di sini.

# 5 Juni: Hari Lingkungan Hidup Sedunia

# 6-9 Juni Terima rapor SMA dan SMP

Hari deg-degan nasional, nih! Anyway, hasil kamu semester ini bisa jadi bahan evaluasi. Mata pelajaran saja yang perlu ditingkakan dan dipertahankan. Trus, pertimbangkan pula apakah kamu butuh ikutan bimbingan belajar atau tutor.

# Pertengahan Juni: Mulai libur sekolah dan kuliah

Libur kali ini agak combo karena berbarengan dengan libur lebaran.

# 10 Juni: Hari Media Sosial

# Minggu ke 2 Juni: Kesibukan Menjelang Lebaran

Sekolah dan kampus sudah mulai libur, begitu pula dengan kantor. Arus mudik juga dimulai hingga puncaknya H-1 lebaran. Kalau kamu ada keperluan misalnya, mengirim barang atau mengurus dokumen ini-itu, lakukan segera sebelum makin hectic.

# 14 Juni: Piala Dunia Dimulai

Yup, pertandingan pertama adalah antara tuan rumah Rusia dan Arab Saudi pada pukul 22.00 WIB. Piala Dunia akan berlangsung hingga sekitar sebulan. Demam World Cup pun akan terasa, mulai dari ramainya agenda nonton bareng, beredarnya aneka merchandise piala dunia, hingga diputarnya theme songs World Cup seperti Colors-nya Jason Derulo.

# 14 & 15 Juni: Hari Raya Idul Fitri

# Pertengahan Juni: Mulai Libur Sekolah

# Sepanjang Juni: Pendaftaran Seleksi Mandiri PTN 2018

Banyak PTN yang masih membuka pendaftaran jalur mandiri, baik yang melalui tes maupun yang pakai skor SBMPTN. Jangan sampai kamu telat mendaftar kampus incaran. Manfaatin waktu ini untuk belajar dan menyiapkan diri menghadapi tes yang berlangsung di bulan Juli.

Cek infonya di sini, ya.

# 22 Juni: Ulang Tahun Kota Jakarta

# Sepanjang Juni: Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK di beberapa daerah.

Bagi kamu yang mau masuk SMA/SMK, mesti tau nih info seputar PPDB 2018. Nah, jadwal PPDB berbeda-beda di tiap daerah. Kamu bisa mengecek jadwalnya di sini

# 26 Juni: Hari Anti Narkoba

# 27 Juni: Pilkada Serentak 2018

Ada 171 daerah yang menggelar Pilkada di tahun 2018. Bagi kamu yang memiliki hak pilih, pergunakan dengan sebaik baiknya. Sukseskan pesta demokrasi dengan menjadi pemilih yang cerdas dan sportif.

(sumber gambar examstudy.maanavan.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 10 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1