Menu
Arm-Chair

Desainer Interior

Arsitektur dan Konstruksi


  • Gaji rata-rata

    3.9jt - 7jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Desainer Interior?

Merencanakan, mendesain, dan menghias interior bangunan perumahan, komersil, atau industri. Seorang Desainer Interior juga membuat desain yang praktis, indah, dan kondusif, sesuai dengan tujuan yang diinginkan, seperti misalnya meningkatkan produktivitas, menjual barang, atau meningkatkan gaya hidup. Seorang Desainer Interior bisa punya spesialisasi dalam bidang, gaya, atau fase tertentu dalam pengerjaan desain interior.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.9jt - 7jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Desainer Interior Komersil
Konsultan Dekorasi
Desainer
Pengarah Interior
Konsultan Desain Interior
Koordinator Desain Interior
Pengarah Desain Interior
Perancang Interior

Tugas

Berunding dengan klien untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan lingkungan interior, seperti anggaran, preferensi arsitektur, tujuan dan fungsi
Memberikan saran pada klien mengenai faktor desain interior, seperti misalnya perencanaan ruang, peletakan dan kegunaan perabotan atau peralatan, serta koordinasi warna
Berkoordinasi dengan para ahli lainnya yang terlibat dalam proyek terkait, seperti kontraktor, arsitek, insinyur, dan teknisi pipa untuk memastikan keberhasilan proyek yang dikerjakan
Mengulas dan mendetailkan gambar rancangan untu perencanaan konstruksi
Memperkirakan kebutuhan dan biaya material, serta mempresentasikan desain kepada klien untuk mendapat persetujuan

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Pembangunan dan Konstruksi

Pengetahuan tentang material, metode, dan peralatan konstruksi atau perbaikan rumah, bangunan, serta struktur lainnya, seperti jalan raya.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Orientasi Melayani

Secara aktif mencari cara yang tepat untuk membantu orang lain.

Kepekaan Sosial

Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kemampuan

  • 1

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 2

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 3

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 4

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

  • 5

    Orisinalitas - Kemampuan untuk mendatangkan ide-ide yang tidak biasa atau ide cemerlang terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah.

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©