Mengenal Jurusan Desain Interior Lebih Dalam dan Prospek Kerjanya di Masa Depan

Waktu saya kecil, saya suka banget main "rumah-rumahan". Mengatur furnitur dan warna warni sebuah ruangan tuh menyenangkan banget, ya, gaes. Kemudian, ketika beranjak dewasa saya akhirnya tahu bahwa ada ilmu di jenjang perguruan tinggi yang mempelajari tentang cara mengatur tata letak sebuah ruangan, namanya jurusan Desain Interior‍.

Sayangnya waktu itu belum banyak informasi tentang jurusan ini. Sayapun akhirnya memilih jurusan lain. Nah, buat kamu yang tertarik merencanakan tata letak dan mengatur isi ruangan, yuk, kenalan lebih dalam sama jurusan Desain Interior biar makin yakin sama pilihan kamu!

Desain Interior 1 - Youthmanual

Apa, sih, Desain Interior itu?

Desain Interior adalah sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam, di dalam sebuah bangunan. Keadaan fisiknya memenuhi kebutuhan dasar manusia untuk perlindungan, disamping itu sebuah desain interior juga mempengaruhi pandangan, suasana hati dan kepribadian sang penghuninya.

Oleh karena itu tujuan dari perancangan interior bukan cuma memaksimalkan fungsi ruangan tapi juga bikin penghuninya betah karena unsur estetika dan meningkatan psikologi ruang interior.

Kalo dari pengertian di atas, bisa kita simpulkan desain interior merupakan seni dan ilmu untuk memahami kebiasaan manusia di dalam ruang dengan tujuan untuk menciptakan ruang yang fungsional didalam struktur bangunan yang dirancang oleh seorang arsitek.

Desain Interior 3 - Youthmanual

Terus apa aja keahlian dasar yang dibutuhkan kalau kita mau masuk ke bidang desain interior?

Menurut situs Dailyinfographic, karena bidang ini erat kaitannya dengan seni dan estetika, jadi kamu harus kreatif, percaya diri, bisa berkomunikasi dnegan baik, punya kemampuan organisasi yang baik dan mudah beradaptasi.

Selain itu, kamu juga suka menyelesaikan masalah, negosiator andal, cerdas dalam mengatur budget, bisa bekerja bareng tim dan tentu saja keinginan untuk terus belajar.

Kurikulum jurusan desain interior biasanya mencakup:

  • Pengetahuan seni : estetika, menggambar, sejarah desain.
  • Pengetahuan desain : elemen dan prinsip ruang, faktor manusia dalam sebuah desain, psikologi persepsi, psikologi lingkungan.
  • Praktik desain interior : programming, design process, presentasi dan komunikasi.
  • Pengetahuan pendukung : teknologi bangunan, material, fisika bangunan, lingkungan alam dan binaan, sosial, budaya, ekonomi.

Desain Interior 5 - Youthmanual

Kira-kira kamu bakal ngapain aja kalau bekerja di bidang desain interior?

Bisanya, seorang desainer interior akan bertemu dengan klien dan mengatur budget untuk sebuah ruangan. Setelah itu, dia bakal mulai project research untuk cari bahan-bahan yang tepat mengisi ruang tersebut. Menggambar dan membuat mood board, lalu mempresentasikannya ke klien. Ini bukan proses yang gampang, lho, gaes. Pengetahuan seorang desainer interior diuji banget dalam hal ini. Dia bukan cuma harus bisa membuat ruang yang kece, tapi juga baik dari segala aspek.

Desain Interior 7 - Youthmanual

Contoh natural mood board 

Desain Interior 8 - Youthmanual

Contoh monokrom mood board

Pada umumnya, jurusan Desain Interior termasuk dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain, namun pada beberapa universitas—Universitas Ciputra dan Universitas Indonesia, misalnya—jurusan ini termasuk dalam Fakultas Teknik. Gelar akademik yang akan kita dapat nanti setelah lulus  S1 adalah S.Ars. Masa studi untuk jurusan ini adalah 8 semester dan terdiri dari 145 SKS. Bisa kurang atau lebih, tergantung universitasnya.

Kamu bisa jadi apa aja ketika lulus nanti?

Banyak banget prospek kerja di bidang ini. Kamu bisa menjadi konsultan interior, manajer perusahaan-perusahaan konstruksi interior, perancang desain interior, pengajar dan peneliti di bidang desain interior, penyedia produk interior, dan masih banyak lagi.

(Sumber gambar: walldecoration.ru, dailyinfographic.com, homedesignfind.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Al havis Fadilla rizal | 22 hari yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 1 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 1 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 1 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1