Arm-Chair

Analis Pemasaran

Pemasaran, Penjualan, dan Pelayanan


  • Gaji rata-rata

    4.2jt - 7.9jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Analis Pemasaran?

Bertanggung jawab untuk melakukan riset, penelitian dan memberikan informasi mengenai kondisi pasar, tren konsumsi, prilaku konsumen, analisa produk, kompetitor, pelanggan potensial dan yang ada, dan kampanye-kampanye pemasaran yang sedang berjalan saat ini. Analis pemasaran juga mengevaluasi ketepatan antara kampanye pemasaran yang dijalankan dengan target yang diharapkan.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.2jt - 7.9jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Marketing Analyst
Analis Pemasaran
Business Analyst
Marketing Manager Analyst
Market Analyst
Marketing Business Analyst

Tugas Analis Pemasaran

Menghimpun data mengenai kampanye marketing/pemasaran yang dilakukan klien/perusahaan
Memeriksa dan mengevaluasi seluruh proses kampanye marketing, dari konsep hingga pelaksanaan, serta merekomendasikan hal-hal yang sesuai dan tidak sesuai dengan pasar Semua berdasarkan  aspek seperti jumlah respon, angka konsumen yang keluar (drop out rate) dan konsumen yang kembali 
Menyimpulkan dan memaparkan efektivitas suatu kampanye marketing
Memaparkan risiko dan segala pengeluaran dalam suatu kampanye marketing, dan membantu membuat rekomendasi untuk mengurangi risiko tersebut
Mengidentifikasi, meriset, dan mengawasi tren pasar, kompetisi, dan konsumen Hasil riset analis pemasaran akan bermanfaat bagi tim marketing

 

 

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Ekonomi dan Akuntansi

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dan akuntansi, pasar keuangan, perbankan, serta analisa dan laporan data keuangan.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Penentuan Masalah

Menentukan penyebab dari kesalahan operasi, dan memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Kemampuan

  • 1

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 2

    Kemampuan Berhitung - Kemampuan untuk melakukan perhitungan tambah, kurang, kali, bagi dengan cepat dan tepat.

  • 3

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 4

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 5

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

Diskusi terkait profesi Analis Pemasaran

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1