Arm-Chair

Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran

Pemasaran, Penjualan, dan Pelayanan


  • Gaji rata-rata

    4.3jt - 6.6jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran ?

Meneliti dan menganalisa kondisi pasar lokal, regional, maupun nasional. Ia bisa pula mengumpulkan informasi untuk menentukan potensi penjualan dari produk/layanan, atau membuat kampanye pemasaran. Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran dapat pula mengumpulkan informasi tentang pesaing, harga, seperti penjualan, dan metode pemasaran dan distribusi.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

4.3jt - 6.6jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Spesialis Pengembangan Bisnis
Manajer Layanan Klien dan Konsultasi
Wakil Presiden Layanan Klien
Analis Pasar
Analis Riset Pasar
Konsultan Riset Pasar
Manajer Riset Pasar
Manajer Proyek

Tugas Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran

Menyusun laporan tentang berbagai temuan dan data grafis, dan menerjemahkan menjadi teks tertulis
Mencari dan memberikan informasi untuk membantu perusahaan menentukan posisi mereka di pasar
Mengumpulkan data tentang pesaing, dengan menganalisis harga, penjualan, serta metode pemasaran dan distribusi mereka
Mengumpulkan dan menganalisis data tentang demografi pelanggan, preferensi, kebutuhan, dan kebiasaan membeli untuk mengidentifikasi pasar potensial dan faktor yang mempengaruhi permintaan produk
Menyusun dan mengevaluasi metode dan prosedur dalam mengumpulkan data, seperti survei, jajak pendapat, atau kuisioner

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Bahasa Inggris

Pengetahuan tentang struktur dan isi dari Bahasa Inggris, termasuk arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, dan tata bahasa.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Penentuan Masalah

Menentukan penyebab dari kesalahan operasi, dan memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Menulis

Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 4

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 5

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

  • 6

    Ekspresi Tertulis - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide dalam penulisan sehingga orang lain dapat mengerti

Diskusi terkait profesi Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1