Arm-Chair

Manajer Pemasaran Produk

Pemasaran, Penjualan, dan Pelayanan


  • Gaji rata-rata

    8.3jt - 14.7jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Manajer Pemasaran Produk?

Berperan menghubungkan antara perusahaan dengan konsumen. Merencanakan, mengatur, menjalankan, serta mengawasi aktifitas promosi dan pemasaran produk.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

8.3jt - 14.7jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Manajer Pemasaran Produk
Manajer Marketing
Product Marketing Manager
Marketing Product and Strategy for Consumer
Marketing and Product Development Manager
Sales and Marketing Manager

Tugas Manajer Pemasaran Produk

Sebelum meluncurkan produk, melakukan riset terhadap konsumen, harga, dan penerimaan produk
Menjadi “suara konsumen” dalam pengembangan produk, misalnya dengan menentukan kemasan serta tipe produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen
Menyusun strategi marketing dan penjualan produk agar dapat memenuhi target yang ditetapkan perusahaan
Mengontrol dan mengawasi semua materi marketing/ pemasaran produk
Saat produk telah dipasarkan, melakukan riset kepada konsumen serta mengevaluasi strategi pemasaran yang diterapkan

 

Pengetahuan

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Penjualan dan Pemasaran

Pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual produk atau jasa. Termasuk strategi dan taktik pemasaran, demonstrasi produk, teknik penjualan, dan sistem kontrol penjualan.

Keterampilan

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pemantauan Operasi

Mengamati alat pengukur, tombol penyetel, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin bekerja dengan baik.

Persuasi

Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka.

Kepekaan Sosial

Menyadari reaksi orang lain, kemudian memahami mengapa mereka bertindak seperti itu.

Penentuan Masalah

Menentukan penyebab dari kesalahan operasi, dan memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan.

Kemampuan

  • 1

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 2

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 3

    Negosiasi - Membawa orang lain bersama-sama dan berusaha untuk mendamaikan perbedaan.

  • 4

    Kemampuan Berhitung - Kemampuan untuk melakukan perhitungan tambah, kurang, kali, bagi dengan cepat dan tepat.

  • 5

    Kejelasan Berbicara - Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan

Diskusi terkait profesi Manajer Pemasaran Produk

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1