Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Zahra Hanifah
5 tahun yang lalu
Halo Zahra, Kuliah itu gak cuman di PTN kok. PTN pun belum tentu menjanjikan kamu dapat kerja. Banyak tuh buktinya yang lulus dari PTS dan sukses. Kenapa sih? Karena pada dasarnya dalam mencari kerja, bukan universitas kamu yang jadi patokan utama penilaian. Tapi, attitude, skills, pengalaman, dan berbagai macam variabel lainnya. Walau beda status, menurut saya, dimanapun kamu nanti kuliah, asal kamu kuliah dengan baik dan sungguh sungguh, saya rasa kamu bisa kok bersaing di dunia kerja.聽:D Salam!
Baca selengkapnya
1 565
Azam Zulfikar 
5 tahun yang lalu
Halo Azam, Untuk penjelasan kenapa kuliah itu penting, bisa diliat di komentar Vickry ya. Untuk meringkas saja, kuliah itu bentuk investment khusus yang efeknya akan kerasa nanti. Koneksi, skill, dan kemandirian adalah beberapa contoh keuntungan kamu kalau kamu kuliah. Sekali lagi itu adalah pilihan, untuk bekerja atau berkuliah. Tapi jika saya diberi pilihan, saya akan berkuliah :D Salam!
Baca selengkapnya
3 223
Antares Daffa
5 tahun yang lalu
Halo Antares, Tentu ada! Dimanapun kamu kuliah, berbagai macam beasiswa itu tersedia. Jadi ketika kuliah dan sudah dapat universitas, jangan takut soal biaya. Asal kamu rajin cari informasi, banyak kok sumber dana buat kamu :) Salam!
Baca selengkapnya
1 165
Ahnaf Zulfikar Firdaus
5 tahun yang lalu
kalau kamu merasa bahwa hal itu sangat bertentangan dengan keinginanmu dan kamu tidak punya semangat untuk menjalaninya, aku lebih meyarankan untuk tetap berusaha memperjuangkan jurusan yang kamu inginkan lalu coba kita diskusikan lagi dengan orang tuamu. Berikan pandanganmu tentang jurusan yang kamu inginkan. Boleh jadi mereka tidak mengizinkanmu karena mereka belum paham betul tentang jurusan yang kamu inginkan. Dalam hal ini kamu juga harus menjelaskan dengan percaya diri dan meyakinkan karena kamu harus bertanggung jawab terhadap pilihanmu. Ajak baik baik keluargamu saat diskusi, kasih tau timeline perjuangan kamu, program apa yang nanti akan diikuti. Kalau kamu sungguh-sungguh terhadap pilihanmu pasti lambat laun kamu bisa membuktikan bahwa apa yang kamu katakan itu benar dan keren XD  Namun jika kamu sudah memutuskan untuk menerima saran orang tuamu, jangan patah semangat. Tentu kita bisa sukses! Kamu bangun sendiri saja pintu kesuksesan lain menuju mimpimu itu, ga mesti lewat jurusan yang kamu inginkan. Ketika kuliah nanti kamu bisa mengembangkan minat kamu di unit kegiatan mahasiswa walau kamu bukan dari jurusan yang bersangkutan (misalnya ga cuma anak DKV atau Ilmu Komunikasi yang bisa buat film pendek, lewat UKM, anak teknik juga bisa) Atau pergunakan kesempatan didepan matamu sebaik mungkin lewat jurusan X yang dipilihkan orang tuamu. Sehingga kamu bisa mengkombinasikan disiplin ilmu yang kamu pelajari sekarang untuk menyokong mimpimu menjadi nyata atau kesuksesan yang kamu maksud itu. Semoga jawabannya berkenan ya!
Baca selengkapnya
3 283
Eva Juariah
5 tahun yang lalu
Banyak temen-temenku yang memilih untuk gap year lalu mengisi waktunya dengan menjadi relawan, ikut komunitas-komunitas kreatif, ikut les non akademik, belajar bahasa baru, travel, bekerja, dll. Kalau kamu melakukan hal ini menurutku itu persiapan yang bagus banget buat masuk kuliah. Karena manfaatnya akan terasa sekali ketika kuliah.  Contohnya temenku, dia gap year lalu ikut kelas speaking dan broadcasting school. Satu tahun kemudian dia mengambil jurusan ilmu komunikasi. Akibatnya, ia sekarang melewati praktek-praktek di kelasnya dengan mudah dan luwes, bahkan sambil kuliah, ia sudah diterima menjadi penyiar radio dan mendapatkan fee.  Jadi menyiapkan skill yang sesuai dengan kebutuhan di jurusan yang akan diambil merupakan persiapan yang tepat menurutku. Oya, tambahan info, kadang ada komunitas-komunitas yang kamu ikuti saat gap year memberikan beasiswa loh.
Baca selengkapnya
2 149
Mbak Misclon
5 tahun yang lalu
Hi Mbak Misclon, saya Rizky dari Youthmanual. Saya coba bantu jawab ya. Mungkin jawabannya nggak terlalu objective karena: 1.) Saya nggak tau kenapa kamu pengen banget ambil jurusan X. Apakah karena jurusan X terlihat keren, lagi ngetrend dikalangan temen2, atau kamu dapet info jurusan X itu gampang belajarnya dan lulusannya cepet dapet kerja (miskonsepsi dan salah kaprah yang paling banyak terjadi). Mudah2an keinginan kamu untuk ambil jurusan X adalah hasil proses penentuan yang panjang dan atas dasar refleksi, explorasi diri. Bukan berdasarkan hal2 yg saya sebutkan diatas. 2.) Menemukan bakat dan minat adalah sebuah proses yang berjalan terus menerus, dan kamu akhirnya akan menemukan bakat dan minat kamu setelah kamu melakukan explorasi diri. Makanya di Youthmanual kita ingin menitik beratkan anak muda untuk explorasi diri, coba hal-hal baru, ambil kelas2 yang belum pernah kamu ambil sehingga kamu tau suka enggak nya dan bisa mempersempit opsi kamu sehingga paling nggak kamu bakal tau pelajaran apa/hal2 apa yang menarik buat kamu dan cari jurusan yang relevan. Kenapa kamu harus milih jurusan yang sesuai dengan minat/bakat kamu? Milih jurusan dan berkarir di bidang yang kamu minati membuat kamu lebih unggul di berbagai hal. Dalam karir dan pekerjaan, orang yang passionate di satu bidang akan lebih semangat, tekun, lebih produktif sehingga lebih unggul dibanding orang2 yang gak punya passion. Orang yang produktif tentunya sangat valuable buat perusahaan/instansi dimana dia bekerja, dan tentunya karir nya lebih cepet bagus, cepet naik, seiring dengan kompensasi/gaji yang didapat. Orang2 yang sukses dan karir nya bagus (dalam bidang apapun) hampir dipastikan orang yang produktif dan bekerja sesuai dengan passion. Panjang ya, makanya penting banget utk eksplorasi minat/bakat dari awal.
Baca selengkapnya
2 195
Kezia Ratna Kadang
5 tahun yang lalu
Kalau boleh tau, alasan mereka ga tertarik lanjut kuliah apa ya? Untuk penjelasan kenapa kuliah itu penting, bisa diliat di komentar Vickry dan Azam ya, aku dan kak Yoga sudah menjawab pertanyaan tersebut dengan sepenuh hati.
Baca selengkapnya
2 275
Rany Claudia
5 tahun yang lalu
Halo, Rany.  Sebenarnya kita tidak dapat mengetahui secara pasti aspek penilaian jalur snmptn. Tetapi, ada yang dijadikan gambaran umum kriteria penentu lulus snmptn.  Dari nilai rapor, nilai per mata pelajaran, konsistensi ranking dan nilai, prestasi di luar sekolah, akreditasi sekolah, alumni di fakultas yang kamu tuju dan sepak terjang mereka, saingan di satu sekolah, dan aturan khusus tiap PTN. Kamu tinjau fakultas dan universitas yang ingin kamu tuju dari berbagai aspek tersebut.  Jika aman, memenuhi dan memang rezeki kamu, insya Allah bisa lolos. Tapi kembali lagi, terkadang hasil snmptn bisa tidak terduga dan diluar kriteria penentu tersebut. Semangat ya! :)
Baca selengkapnya
1 209
M'Rizal Wrc
5 tahun yang lalu
Halo! Ada satu hal yang penting dalam mengambil gap year. Penyusunan waktu dan menentukan Milestone bulanan. Goal jangka pendek/milestone akan sangat membantu kamu mengarahkan energi. Jadi Kamu pun akan belajar efisien. Jangan lupa sediakan waktu beristirahat yang cukup supaya tidak lelah saat belajar :)
Baca selengkapnya
1 150
Aqilla Acha 
5 tahun yang lalu
Hi Aqilla, saya Rizky dari Youthmanual. Thanks banget udah ikutan Tanya Mentor. Kasus kamu menarik tapi sedikit membingungkan. Memangnya alasan dan faktor apa sih kira2 yang membuat orang tua kamu mikir kalo kamu masuk stan, stpdn, akmil dll kamu akan dapat bantu sekolah sepupup2 kamu? Dan faktor apa kira2 yang membuat orang tua kamu mikir kalo kuliah kamu nggak akan bisa bantu sepupu2 kamu. Apakah akpol, stan, stpdn dll = sukses, cepet kaya dan banyak uang? Dan sebaliknya kuliah di unversitas= susah sukses, susah kaya dll? Karena menurut saya sih jaman sekarang sudah sangat berubah total, dan sukses sekarang sudah tidak tidak bisa diasosiasikan dengan jaman orang tua kecil dulu. Kalo dulu misalnya; masuk stan, akabri, jadi PNS Depkeu apalagi kalo katanya di Pajak=jaminan masa depan cerah. Sekarang udah nggak berlaku tuh. Emang sih orang tua yang akan biayain dan support kamu. Tapi yang akan kuliah kan kamu, yang akan jalanin hidup kamu selama puluhan tahun kedepan kamu, yang akan cari uang kamu. Kalo kamu stress dan nggak produktif dan karir kamu tidak sesuai ekspektasi, emangnya orang tua kamu atau sepupu kamu yang bakal bantu pas kamu tua? Penting lho untuk bener2 pastiin dan nentuin masa depan kamu sendiri. Thx.
Baca selengkapnya
3 456
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1