Menu

6 Hal yang Berubah dari Dunia Kuliah ke Dunia Kerja

Ketika kamu bekerja, baik itu magang maupun bekerja full time, kamu pastinya akan menemukan berbagai perbedaan antara kuliah dan dunia kerja. Ketika saya baru pertama kali kerja, pun, saya menemukan perbedaan ini, lho. Saya lebih merasakan perbedaan dalam waktu istirahat. Saat masih berkuliah, saya memiliki banyak waktu untuk beristirahat, namun, ketika saya sudah bekerja, waktu istirahat yang saya miliki dahulu jadi lebih berkurang.

Yap, bisa dikatakan bahwa kamu akan menemukan banyak perubahan-perubahan yang terjadi di dunia kerja. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi, kok. Memangnya, hal apa saja, sih, yang berubah dari masa kuliah ke masa kerja? Berikut penjelasannya!

1. Waktu yang nggak se-fleksibel masa kuliah

Yap, ketika kamu kuliah, kamu bisa mengganti-ganti jadwal kuliah sebebas yang kamu inginkan dan tentunya apabila disetujui oleh dosenmu. Jika dalam satu hari kamu memiliki waktu kuliah yang full, kamu bisa mulai perkuliahan dan jam delapan pagi hingga jam empat sore, namun, hal ini pastinya nggak sering terjadi dalam satu minggu, kan?

Nah, kalau di dunia kerja, kamu wajib banget, nih, datang jam delapan pagi dan bekerja hingga jam lima sore. Jujur saja, saat pertama kali bekerja, hal ini menjadi suatu hal yang bikin saya "kaget". Yang biasanya saya memiliki waktu yang fleksibel, sekarang waktu saya selalu full dari jam delapan pagi hingga jam lima sore.

Nah, untuk menyikapi rasa "kaget" ini, saya lebih menjalankan hari tanpa mengingat kegiatan-kegiatan atau fleksibelnya waktu di masa kuliah. Mau bagaimana pun, masa kuliah dan bekerja ialah suatu hal yang berbeda, jadi, sesegera mungkin harus move on, hehe. Terus jalani hari dengan semangat, ya!

2. Hal-hal yang harus kamu kerjakan

Nah, ketika kamu berkuliah, hal yang kamu kerjakan ialah hal-hal yang telah kamu pelajari sebelumnya. Karena kamu sudah mempelajarinya, pasti untuk mengerjakan tugasmu nggak akan terasa sulit. Hal ini tentunya berbeda dengan dunia kerja.

Ketika kamu bekerja, kamu akan mengerjakan hal-hal yang cenderung belum pernah kamu pelajari sebelumnya. Maka dari itu, pasti hal yang kamu rasakan pertama kali ialah merasa "kaget" dengan tugas-tugasmu.

Agar kamu bisa cepat beradaptasi, coba, deh, iseng-iseng pelajari tools yang digunakan di dunia kerja. Misalnya kamu kerja menggunakan microsoft outlook, cobalah untuk iseng melihat tutorial menggunakan microsoft outlook. Atau misalnya, kamu sering bekerja menggunakan microsoft excel, maka, cobalah untuk belajar rumus dasar dan menu-menu yang ada di excel. Dengan belajar tools-nya terlebih dahulu, pasti, akan mempermudah kamu dalam bekerja dan beradaptasi dengan pekerjaanmu.

3. Waktu libur

Ketika kamu berkuliah, pasti, ada saja satu minggu yang dimana kamu libur lebih dari dua hari. Libur dalam dunia kuliah ini biasanya karena kamu memang nggak memiliki jadwal di hari tersebut.

Kalau di dunia kerja, nggak ada, nih, cerita libur lebih dari dua hari dalam seminggu. Kalau pun ada, pastinya karena tanggal merah, hehe. Nah, agar kamu nggak kaget dengan hal ini, coba terapkan dalam dirimu kalau kamu terbiasa dengan hal ini. Ingatkan masa dua belas tahunmu di dunia sekolah? Waktu itu pun kamu masuk sekolah setiap hari tanpa libur lebih dari 2 hari di setiap minggunya kecuali tanggal merah. Well, jangan merasa berat karena hal ini sudah pernah kamu lakukan sebelumnya?

4. Struktur di kantor

Yes, ketika kamu kuliah, kamu nggak punya struktur yang tetap. Kalaupun kamu berorganisasi, struktur akan bertahan selama setahun saja. Nah, kalau di kantor, perubahan struktur cenderung lebih lama. Selain itu, struktur di kantor pun cenderung lebih luas dan besar.

Well, struktur organisasi yang luas dan besar ini pastinya cukup mengagetkanmu dalam beberapa waktu, namun, biasakan dirimu dengan struktur organisasi di kantor, ya, agar kamu bisa bekerja dengan baik.

5. Teman-teman kerja dengan umur yang beragam

Yap, ketika kamu berorganisasi, paling nggak kamu akan bekerjasama dengan orang-orang yang bedanya masih tiga hingga empat tahun. Ketika kamu bekerja nanti, kamu akan bertemu dan bekerja sama dengan orang-orang yang bisa saja memiliki perbedaan usia sekitar sepuluh tahun lebih tua darimu.

Nah, karena perbedaan usia tersebut, pastinya ada beberapa hal yang menjadi perbedaan antara kamu dan kolegamu. Yang perlu kamu caritahu ialah bagaimana sifat dan cara kerja dari kolegamu agar kamu dapat bekerjasama dengan baik.

6. Waktumu lebih teratur

Ketika kamu bekerja, kamu akan memiliki waktu yang lebih teratur apabila dibandingkan dengan semasa kuliah. Waktu yang teratur ini seperti kamu harus bangun jam berapa agar nggak telat ke kantor, jam masuk kantor, jam pulang kantor, jam berapa kamu akan makan siang, jam berapa kamu harus sudah sampai di rumah, jam berapa kamu harus tidur dan sebagainya.

Ketika saya sudah bekerja, saya merasakan keteraturan dalam waktu dan akhirnya saya terkadang cenderung merasa bosan dengan rutinitas yang ada. Nah, agar kamu nggak merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan, coba deh setiap libur kamu melakukan hal-hal baru atau hal-hal yang kamu suka. Saya jamin, hal tersebut dapat menghiburmu dari rasa jenuh yang kamu rasakan.

***

Yap! Ketika kamu mulai bekerja, baik itu magang maupun bekerja full time, kamu akan merasakan ketujuh perubahan di atas, lho. Nah, maka dari itu, kemungkinan kamu akan merasa kaget di awal. Namun, jangan terus merasa nggak nyaman, ya. Kamu harus cepat beradaptasi agar kamu merasa nyaman dan semua pekerjaanmu dapat terselesaikan dengan baik. Maka dari itu, yuk, ikuti tips beradaptasi yang sudah disebutkan di atas!

Baca juga:

(Sumber gambar: fstopper.com)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 17 jam yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©