8 PTN dengan Program Studi Akuntansi Terakreditasi A

Salah satu program studi favorit di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ialah Akuntansi. Cakupan program studi ini emang cukup luas. Mulai dari mempelajari tentang akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, anggaran, pajak, sampai hukum akuntansi.

Karena cakupan ilmunya yang luas itu, lulusan program studi Akuntansi banyak dibutuhkan di berbagai bidang usaha. Baik yang bersifat profit, nonprofit, publik atau instansi pemerintahan.

Buat kamu yang tertarik masuk program studi Akuntansi, ada banyak universitas yang telah mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).  Penilaian akreditasi program studi atau jurusan dari BAN PT ini sendiri, meliputi tujuh faktor.

Ketujuh faktor itu di antaranya adalah, visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaiannya; tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia; kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama. 

Berikut rekomendasi 8 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang punya program studi Akuntansi dan telah terakreditasi A.

1. Universitas Halu oleo (UHO)

Pada 2017, BAN-PT memberikan akreditasi A untuk program studi Akuntansi di UHO. Di antara mata kuliah yang disediakan adalah, Perpajakan, Auditing, Teori Akuntansi, Analisa Laporan Keuangan, Manajemen Resiko sampai Akuntansi Syariah.

2. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Kampus yang juga dikenal dengan sebutan UNS ini punya dua jurusan Akuntansi yang terakreditasi. Pertama adalah Akuntansi yang diakreditasi pada 2018 dan Pendidikan Akuntansi yang diakreditasi pada 2017.

Untuk jurusan Akuntansi sendiri, mata kuliah di semester awal yaitu Akuntansi Pengantar, Akuntansi Keuangan Menengah. Dilanjut dengan Akuntansi Pemerintahan, serta Pengauditan pada semester tengah.  Di semester akhir ada Perencanaan Pajak, Analisis Informasi Keuangan dan Perekonomian Indonesia.

3. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Akuntansi Unpad juga mengantongi akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2017. Kalau kamu menjadi mahasiswa di program studi ini, kamu akan mempelajari tentang Hukum Pajak, Akuntansi Sosial, Akuntansi Pemerintahan, Manajemen Keuangan sampai Akuntansi Minyak dan Gas Bumi.

4. Universitas Indonesia (UI)

Akuntansi UI sudah mendapat akreditasi A sejak tahun 2015, gaes. UI didapuk sebagai kampus dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik di Indonesia. Program studi ini berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi UI yang berdiri sejak tahun 1950.

Di UI, program studi ini terbagi ke dalam kelas reguler, paralel dan internasional. Untuk kelas reguler dan paralel, kamu akan mempelajari mata kuliah yang sama pada umumnya—seperti Pengauditan dan Asuransi, Investasi dan Pasar Modal, Bisnis Global, Akuntansi Keuangan sampai Permodelan Keuangan dan Simulasi Bisnis.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

BAN-PT telah memberikan akreditasi A untuk program studi Akuntansi UGM pada tahun 2014. Sama dengan UI, program studi Akuntansi di UGM juga tersedia untuk program reguler dan internasional.

Untuk mata kuliah Akuntansi reguler sendiri, kamu akan mempelajari seperti Hukum Bisnis, Akuntansi Manajerial, Manajemen Keuangan, Etika Bisnis sampai Bisnis Digital.

6. Universitas Andalas (Unand)

Program studi Akuntansi Unand berada di naungan Fakultas Ekonomi dan telah terakreditasi sejak tahun 2015. Mahasiswa di Akuntansi Unand akan mempelajari tentang Keuangan Negara dan Daerah, Statistik Ekonomi, Anggaran Perusahaan, Analisis dan Perencanaan Sistem sampai Pemrograman Komputer Akuntansi.

7.  Universitas Airlangga (Unair)

Kampus yang terletak di kota Pahlawan ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2015. Di Unair, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti Bisnis Internasional, Hukum Bisnis, Perekonomian Indonesia sampai Akuntansi Pemerintahan.

8. Universitas Brawijaya (UB)

Pada tahun 2013, UB dinilai sebagai kampus dengan jurusan Akuntansi dan Keuangan terbaik kedua di Indonesia setelah UI.

Universitas yang berakreditasi A sejak tahun 204 ini menyediakan beberapa mata kuliah program studi Akuntansi. Di antaranya adalah Ilmu Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Keberlanjutan, Pengauditan serta kaitannya dengan bidang disiplin ilmu lain yang relevan.

***

Nah, itulah rekomendasi 8 PTN yang bisa kamu pilih. Sebenarnya, masih banyak PTN/PTS yang memiliki program studi Akuntansi yang nggak kalah dari 8 PTN di atas, lho. Mau dimana aja kita berkuliah, itu nggak masalah—yang terpenting kita menjalani itu dengan segala usaha yang terbaik.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: paysimple.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 3 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 14 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 15 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1