Menu

Serba Serbi Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Introvert

Introvert adalah orang yang pemalu, nggak suka bergaul, dan nggak cocok jadi pemimpin. Nah, komen begini adalah contoh mitos dan anggapan yang salah tentang kepribadian introvert, lho, gaes. Soalnya, orang dengan kepribadian introvert cepat menghabiskan energinya ketika berada dalam keramaian, dan me-recharge energinya dengan cara menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri.

Betewe, ngomongin tentang introvert. Kebayang nggak, sih, gimana nggak nyamannya orang introvert yang harus kuliah, misalnya di jurusan Digital Public Relation? Karena tuntutan dari oran tua, nggak tahu minat, bakat, dan passion atau yang lainnya.

That’s why, pilih-pilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kecenderungan introvert ini juga penting. Kira-kira apa saja jurusan kuliah yang direkomendasikan untuk kamu-kamu yang introvert?

Berikut adalah jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu yang berkarakter introvert. Cekidott!

1. Sastra

Yaps! Sastra merupakan jurusan kuliah yang paling banyak dipilih oleh anak introvert. Kenapa jurusan ini banyak dipilih? Soalnya, jurusan Sastra baik—baik itu Sastra Indonesia, Sastra Jepang, dan berbagai sastra asing lainnya, erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau kepenulisan.

Dalam menghasilkan suatu karya tulis, kebanyakan orang lebih suka berada di lingkungan yang tenang agar ide-ide mereka muncul. Mereka juga lebih suka menghabiskan waktu sendiri dengan pikiran dan imajinasi.

Kalau kamu memilih jurusan Sastra, nantinya setelah lulus kamu nggak cuma terjun menjadi seorang Penulis Puisi, Penulis Lirik, dan Penulis Kreatif saja. Banyak profesi lainnya yang bisa kamu cari tahu di sini.

2. Teknik Informatika 

teknik informatika

Kalau kamu tertarik di bidang teknologi, betah otak atik dan duduk lama di depan layar komputer, bisa jadi kuliah di Jurusan Teknik Informatika mungkin sangat cocok buat si introvert. Dalam proses pembelajarannya, jurusan ini nggak memerlukan banyak interaksi dengan orang lain secara langsung.

Kamu akan lebih fokus dengan apa yang sedang kamu kerjakan—baik itu membuat program, coding, atau sekedar memperbaiki aspek-aspek teknik yang berkaitan dengan komputer, adalah jenis pekerjaan yang perlu ditangani sendiri dan nggak bisa dikerjain secara berkelompok.

Psstt... lulusan jurusan Teknik Informatika lagi banyak dicari, lho! Prospek kerja jurusan ini juga cukup banyak dan beragam.

3. Akuntansi 

Kamu merasa introvert? Mau terjun ke dunia bisnis tapi nggak jago presentasi?

Tenaangg… dalam dunia bisnis ada satu peran penting untuk kamu yang berkepribadian introvert, yaitu bidang akunting. Bidang akunting ini memerlukan pribadi yang nggak banyak bicara tapi teliti dan displin. Ibarat kata, bidang ini adalah gudangnya orang-orang yang banyak bekerja dan sedikit bicara. Kenapa bisa begitu?

Soalnya, bekerja sebagai seorang akuntan mengharuskan kamu untuk membuat dan memeriksa laporan serta berbagai dokumen keuangan yang akurat dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para manajer, pengambil kebijakan, pemegang saham, kreditur, atau yang lainnya. Sebuah laporan keuangan nggak bakalan beres kalau dikerjakan dalam suasana hiruk pikuk, ‘kan? Hehehe

4. Desain Grafis

Desain Grafis

Orang-orang sering menganggap jurusan kuliah yang satu ini sama dengan Desain Komunikasi Visual. Padahal sebenarnya kedua jurusan kuliah ini berbeda. Salah satu perbedaannya, jurusan Desain Grafis lebih sesuai untuk orang introvert.

Seorang Desainer Grafis membutuhkan waktu sendiri lebih lama dengan suasana yang nyaman dan hening untuk menyelesaikan pekerjaannya, termasuk untuk mengeksplor ide-ide dan mengasah kreativitasnya.

Kalau kamu memilih jurusan Desain Grafis, kamu akan diajarkan mengenai teknik, penguasaan suatu program tertentu dan banyak lainnya. Di era modern yang sepert ini, prospek kerjanya pun sangat menjanjikan dan bisa membuatmu membuka peluang usaha secara mandiri a.k.a Entrepreneur.

Oyaa, meskipun jurusan ini tetap membutuhkan interaksi sosial dalam ruang lingkup pekerjaannya—seperti konsultasi dengan klien atau teman kerja untuk membuat website, mendesain logo, dan lain sebagainya. Kebanyakan waktu kamu akan bekerja sendiri, kok, gaes.

5. Ilmu Pengetahuan Alam/Sains

Kalau kamu memilih kuliah di jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan meneliti, membuat laporan penelitian, responsi dan banyak lainnya. Aktivitas-aktivitas tersebut merupakan kegiatan utama dari jurusan ini.

Dan hal tersebut mungkin sangat cocok untuk orang introvert karena kamu akan menghabiskan waktu kuliahmu untuk menemukan hal baru dan menelitinya. Tujuannya untuk mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan.

Fyi, jurusan kuliah yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Alam ini banyak banget—ada Biologi, Kimia, Fisika, dan lain-lain. Prospek kerjanya pun bervariasi dan sangat diperlukan di masa depan.

***

Gimana? Masih bingung nggak mau ambil jurusan kuliah yang cocok untuk introvert?

Nggak bingung, sih. Tapiii… jurusan kuliah yang menjadi bakat, minat, dan passion-ku nggak dalam daftar di atas? Gimana, dong?

Kalau kamu sudah yakin dengan bakat, minat, dan passion yang kamu miliki. Menurut saya, kamu bisa mengurangi sedikit demi sedikit intensitas introvert-mu itu, gaes. Tapi ini bukan berarti kamu harus berubah menjadi ekstrovert, lho!

Kamu bisa mengurangi ke introvert-anmu itu, misalnya dengan berlatih untuk berbicara pada diri sendiri di depan kaca, membuat kontak mata yang tenang saat berinteraksi dan berbicara dengan orang lain, berusahalah merasa nyaman saat dirimu menjadi pusat perhatian, serta luangkan waktu untuk sesekali hangout rame-rame bersama teman, sahabat atau keluarga.

Well, semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: youtube.com,livermoreschools.org, meravi.id)

LATEST COMMENT
Aisyah Galuh | 4 jam yang lalu

Saya juga suka jasa titip. Tapi biasanya jastip saya dari toko online kemudian saya jual ke teman teman dengan menaikkan harga. Lumayan sih untungnya

10 Ide Bisnis Buat Mahasiswa dan Pelajar yang Nggak Menyita Waktu (Bagian 2)
Obbi Handira | 16 jam yang lalu

Program Pascasarjana S2 Terbaik di Sumatera Utara adalah Perguruan Tinggi Swasta Universitas Medan Area yang sudah Terakreditas A oleh BAN-PT, informasi lengkap kungjungi www.uma.ac.id dan pasca.uma.ac.id

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Agribisnis Terbaik
Obbi Handira | 2 hari yang lalu

Program Studi Ilmu Komunikasi terbaik ada di Perguruan Tinggi Swasta Universitas Medan Area dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT Tahun 2019, informasi lengkap kunjungi www.uma.ac.id dan fisip.uma.ac.id

Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia Beserta Pilihan Kampus dan Prospek Kerjanya
Genius Revanza | 3 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©