12 Jurusan SMK yang Paling Diminati dan Dijamin Berprospek Cerah di Masa Depan

Bagi sebagian anak muda, mindset siap kerja mungkin menjadi prioritas utama ketika memutuskan untuk meneruskan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Nah, kalau kamu termasuk salah satunya, masuk SMK dan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu adalah keputusan yang paling tepat. Terlebih akhir-akhir ini pemerintah kita baru saja meresmikan program vokasi yang link and match dengan jurusan SMK untuk menjawab kebutuhan industri masa depan.

Mampu mengenal minat dan bakat dan mengembangannya sejak dini adalah langkah terbaik yang bisa kamu lakukan dalam merancang masa depan. Tapi, kamu juga nggak boleh menomorduakan prospek kerja di masa depan, lho. Soalnya sayang banget, ‘kan, kalau kemampuan yang sudah susah payah kamu asah sampai nggak terpakai di masa depan?

Makanya, nih, kamu yang berminat melanjutkan pendidikan ke SMK, berikut Youthmanual rangkum 12 jurusan SMK menjanjikan, paling diminati dengan prospek cerah di masa depan. Psst, beberapa di antaranya bahkan termasuk jurusan-jurusan yang populer!

1. Usaha Perjalanan Pariwisata

1

Kenapa pilih jurusan ini? Keindahan alam Indonesia membuat industri pariwisata menjadi salah satu sektor terpenting dalam menghidupkan perekonomian. Pesatnya pembangunan daerah dan gencarnya publikasi pariwisata negara kita akhir-akhir ini akan membuat pergerakan industri sektor pariwisata di Indonesia akan meningkat pesat.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: Manajemen Bisnis Pariwisata‍, Manajemen Perhotelan

Prospek kerja jurusan ini: Manajer Event, Biro Perjalanan Wisata

2. Perbankan Syariah

Kenapa pilih jurusan ini? Bisnis berbasis syariah semakin diminati nggak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh penjuru dunia. Menurut data OJK, pertumbuhan Industri keuangan Syariah di Indonesia kini tengah mengalami kemajuan yang signifikan, dikarenakan masyarakat yang menggunakan jasa keuangan Syariah sudah meningkat sebesar 28% dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: Ekonomi Islam/Syariah

Prospek kerja jurusan ini: Staf Keuangan Syariah

3. Tata Kecantikan Kulit/Rambut

Kenapa pilih jurusan ini? Berdasarkan data dari Euromonitor internasional, negara-negara berkembang berkontribusi sebesar 51% bagi industri kecantikan global, termasuk di antaranya Indonesia yang memiliki pasar yang dinamis di kawasan Asia Tenggara. Indonesia sendiri diramalkan akan menjadi pasar pertumbuhan utama untuk industri kecantikan pada tahun 2019.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: Tata Rias dan Kecantikan‍ 

Prospek kerja jurusan ini: makeup artist, hairdresser

4. Akuntansi

4

Kenapa pilih jurusan ini? Meskipun kesannya mainstream banget, ada bagian dari akuntansi yang memiliki prospek cerah di masa depan, lho. Kebutuhan akan tenaga ahli Perpajakan juga sangat besar apalagi sejak Dirjen Perpajakan RI memperketat penerapan Peraturan Perpajakan Indonesia, yag pastinya masih akan melalui perjalanan panjang.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: Akuntansi‍, Akuntansi Pajak‍ 

Prospek kerja jurusan ini: Penilai pajak dan keuangan, Pemeriksa dan pengumpul pajak

5. Animasi

Kenapa pilih jurusan ini? Dengan perkembangan zaman yang begitu sangat cepat ini, proyek animasi menjadi salah satu industri dengan perkembangan paling pesat. Hal ini desebabkan karena animasi adalah produk yang global, dinikmati berbagai kalangan, dan proses pembuatannya selalu melibatkan banyak negara. Bahkan, presiden Joko Widodo aja mencanangkan jurusan SMK animasi spesialis Meme! Hihihi.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: DKV Animasi‍ 

Prospek kerja jurusan ini: animator

6. Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Kenapa pilih jurusan ini? Indonesia adalah negara agraris yang dengan industri pertanian yang nggak akan pernah sepi. Jurusan ini tentunya memiliki prospek masa depan yang diarahkan sebagai enabler dan entrepreneur, karena memiliki kemampuan penguasaan teknologi dan pengembangannya dalam bidang usaha berbasis industri pertanian akan memberikan nilai lebih.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: Teknologi Industri Pertanian (Agroindustri)‍ 

Prospek kerja jurusan ini: wirausaha, peneliti dan ahli produksi pangan, analis kontrol kualitas

7. Teknika/Nautika Pelayaran

7

Kenapa pilih jurusan ini? Pastinya udah nggak perlu dijelaskan lagi, deh, ya, prospek karier masa depan lulusan jurusan ini di negara kita yang hampir 70 persen merupakan perairan. Bahkan menurut Biro Kepegawaian, Indonesia akan membutuhkan sedikitnya 69 ribu tenaga pelayaran untuk menghadapi pembangunan maritim kita di beberapa tahun ke depan, seperti tol laut dan logistik maritim.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: Ilmu Pelayaran, Teknik Perkapalan

Prospek kerja jurusan ini: Operator nautika, teknisi kapal

8. Farmasi

Kenapa pilih jurusan ini? Industri kesehatan kini menjadi pusat perhatian di negara berkembang, terutama di bidang pelayanan. Berdasarkan fakta bahwa saat ini rasio ketersediaan apoteker di Indonesia masih di angka 1:8000 yang masih jauh dari kata ideal, bisa dipastikan kalau lulusan SMK farmasi akan sangat dibutuhkan di masa yang akan datang.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: Farmasi‍ 

Prospek kerja jurusan ini: apoteker/asisten apoteker, quality control, wirausaha

9. Teknik Komputer dan Jaringan

Kenapa pilih jurusan ini? Perkembangan teknologi informasi selama 10 tahun terakhir jauh lebih pesat dibandingkan era sebelumnya, dan dipastikan akan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya. Belum lagi banyaknya industri yang mulai memaksimalkan penggunaan teknologi komputasi dalam pengoperasian dan menjamurnya startup teknologi, bisa dipastikan lahan kerja untuk lulusan ini akan selalu ada.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: Ilmu Komputer‍, Teknik Informatika

Prospek kerja jurusan ini: Programmer, Admin jaringan

10. Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio dan Pertelevisian (broadcasting)

10

Kenapa pilih jurusan ini? Siaran radio dan TV swasta kini tengah berkembang pesat di Indonesia, yang membentuk demand berupa ahli praktis produksi dan penyiaran yang meningkat pesat sejak tahun 2003. Untuk dapat menmpelajari keilmuan praktis untuk dapat berkarier dalam industri yang cukup dinamis ini sejak dini, jurusan SMK ini tentunya pas banget untuk kamu.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: Penyiaran (Broadcasting)‍, Televisi dan Film

Prospek kerja jurusan ini: penyiar, pengarah teknis

11. Teknik Energi Terbarukan

Kenapa pilih jurusan ini? Sumber energi tidak terbarukan kini semakin langka, sedangkan kebutuhan akan energi terus meningkat setiap tahunnya. Untuk menjawab tantangan ini, pemerintah pun tengah menggenjot program 35,000 MW di mana kontribusi energi terbarukan dalam bauran energi ditargetkan 23% pada tahun 2025, dengan mengembangkan jurusan SMK satu ini untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusianya.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: Teknik Elektro‍, Teknik Mesin‍ 

Prospek kerja jurusan ini: Installer/operator/fabricator teknologi energi

12. Teknik Otomotif

Kenapa pilih jurusan ini? Peluang kerja menjadi mekanik otomotif tidak hanya berhubungan dengan bengkel aja, lho. Kamu juga bisa mendesain body maupun mesin kendaraan sendiri dan mempresentasikan prototype kendaraan kamu pada produsen-produsen kendaraan bermotor yang ternama, yang kebutuhan atas ahli mekanik otomotifnya akan terus meningkat sesuai perkembangan teknologi.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan ini: Teknik Mesin‍, Teknik Otomotif‍ 

Prospek kerja jurusan ini: Ahli perakitan otomotif, Mekanika utama otomotif

***

Anak SMK memiliki peluang yang sangat besar di masa depan. Tertarik untuk cari tahu lebih lanjut mengenai serba-serbi dunia SMK, mulai dari pilihan jurusan lengkapnya, persiapan untuk anak SMK yang ingin masuk kuliah, hingga persiapan kerja untuk anak SMK? Yuk baca Panduan Lengkap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 101 di sini!

Baca juga:

(sumber gambar: kemendagri.go.id, academyoflearning.ab.ca, roberthalf.com, chinadaily.com, broadcastingschools.com)

LATEST COMMENT
FADHILLAH MUFLIKHASSALAM | 1 hari yang lalu

Bisa tapi istilahnya harus ambil ujian kesetaraan dulu karena Budaya luar negeri dengan Indonesia berbeda, intervensinya pun harus disesuaikan

Profesiku: Psikolog dan Konselor Employee Assistance Program, Tiara Puspita
devina mita | 2 hari yang lalu

Kalo dkv lebih baik jurusan ipa atau ips?

13 PTN dengan Prodi Desain Komunikasi Visual dan Peluang Masuknya
Andi Pangerang As | 3 hari yang lalu

Bissmillah Ya allah Semoga Lolos Pilihan 1 ya allah Amin

Materi UTBK SBMPTN 2021: Ada TPS dan TKA
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1