Menu

Mengapa Ujian Nasional (UN) 2018 Penting, Walau Nggak Menentukan Kelulusan?

Belakangan, Ujian Nasional nggak lagi menentukan kelulusan, bahkan tahun lalu UN nyaris dihapuskan. Namun UN 2018 mendatang tetap lah penting, terutama untuk kamu yang SMA. Kenapa?

Dulu, nilai Ujian Nasional menentukan kelulusan siswa. Makanya nggak sedikit siswa, ortu, dan guru yang deg-degan, cemas berlebihan, hingga stres, saat menghadapi UN. Berbagai persiapan ekstra pun dilakukan menjelang UN. Namun ada juga yang mengambil jalan pintas, mencari contekan hingga bocoran, demi nilai memuaskan.  Namun apakah adil, jika kelulusan setelah menuntut ilmu bertahun-tahun ditentukan oleh satu tes? Trus, bukankah UN memicu fokus pada nilai, hingga ada yang nekad berbuat curang? Alhasil, muncul pro dan kontra soal Ujian Nasional.

ujian nasional

Akhirnya diputuskan bahwa UN tetap wajib dilaksanakan, namun NGGAK MENENTUKAN KELULUSAN. Mau nilainya jeblok pun nggak ada keharusan buat mengulang.  Akhirnya, banyak juga pelajar yang kebablasan dan jadi cuek abis sama yang namanya UN. Kalau kamu termasuk yang seperti ini, simak dulu deh, penjelasan mengapa Ujian Nasional tetap penting berikut ini.

1. Berpengaruh saat mendaftar ke PTS

Oke, kelulusan SMA memang nggak dipengaruhi UN, begitupula penerimaan PTN. Bisa dibilang jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri nggak melihat tuh, seberapa nilai UN kamu. Palingan hanya bukti bahwa kamu ikutan UN.

Lain halnya dengan seleksi masuk perguruan tinggi swasta. Kebanyakan PTS  menerapkan beberapa jalur masuk, ada jalur tes tertulis ada pula yang melihat nilai di SMA. Nah, untuk seleksi dengan nilai, biasanya mempertimbangkan nilai rapor serta hasil Ujian Nasional. Artinya, semakin baik hasil UN kamu semakin besar kesempatan untuk lolos seleksi perguruan tinggi tersebut.

2. Berpengaruh untuk sekolah di luar negeri

Umumnya, perguruan tinggi luar negeri serta lembaga pendidikan tinggi luar negeri akan meminta nilai kamu selama sekolah untuk pertimbangan penerimaan mahasiswa. Nah, nilai ini termasuk hasil Ujian Nasional. Jika bercita-cita kuliah di luar negeri, kamu harus memperhatikan UN dan rapor.

3. Syarat beasiswa

Hasil UN juga jadi syarat dan pertimbangan berbagai beasiswa, baik dalam dan luar negeri. Kamu tahu sendiri 'kan, kalau persaingan beasiswa itu ketat. Artinya, kamu perlu memberikan yang terbaik.

4. Mengukur kemampuan akademis kamu

Ujian Nasional merupakan salah satu cara untuk mengukur kemampuan kamu selama SMA (atau jenjang pendidikan lain). Yup, UN dibuat berdasarkan materi yang kamu terima selama di SMA. Ujian tersebut disusun oleh tim ahli dan dibantu oleh 80 dosen dari berbagai PTN. Trus, demi meningkatkan kualitas ujian, untuk UN 2018 soalnya nggak hanya pilihan ganda. Ada soal isian untuk subjek Matematika. Artinya, UN terus di-upgrade untuk memberikan evaluasi yang ideal untuk pelajar.

Walau masih banyak yang perlu ditingkatkan, UN merupakan salah satu cara terbaik untuk mengukur kemampuan dirimu. Harusnya kamu jadi lebih semangat dan merasa tertantang.

5. Membantu kemajuan pendidikan Indonesia

Lebih lanjut tujuan utama diadakannya ujian yang seragam pada waktu yang bersamaan di seluruh Indonesia adalah untuk mengukur serta mengevaluasi pendidikan di Indonesia. Dari hasil UN akan ketahuan sebesar apa ketimpangan pendidikan, mana saja daerah dan sekolah dengan capaian nilai yang baik, dan mana saja sekolah yang nilainya kurang. Selain itu akan terlihat pula subjek pelajaran apa yang relatif dikuasai siswa, dan mana yang tidak. Nah, hasil UN tersebut bisa jadi bahan pertimbangan untuk mengatur strategi-startegi agar pendidikan di Indonesia makin berkembang dan makin merata.

6. Mendorong kejujuran

Oya, yang dievaluasi dari UN bukan hanya soal kemampuan akademis aja lho, tapi juga KEJUJURAN. Yup, ada penilaian untuk indeks kejujuran dalam UN. Nah, kejujuran merupakan satu bentuk pendidikan karakter yang terpenting, lho.

7. "Pemanasan" menghadapi tes lainnya

Ujian Nasional 2018 juga merupakan pemanasan bagi siswa sebelum menghadapi ujian lainnya, seperti SBMPTN, seleksi mandiri, dan tes masuk kampus swasta. Jadi kalau kamu mempersiapkan UN dengan maksimal, maka kamu sekalian menyicil belajar dan latihan untuk menjalani berbagai tes lainnya.  

***

Dengan mempertimbangkan alasan-alasan di atas, diharapkan kamu lebih serius dan niat dalam menghadapi Ujian Nasional. Bukan semata-mata mengejar nilai, gaes. Jadikan UN sebagai tantangan sekaligus penyemangat kamu buat belajar serta melakukan yang terbaik. Syedap!

Baca juga:

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 2 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©