Sekolah Gratis di Jepang Buat Kamu yang Ingin Merasakan Kerennya Sistem Pendidikan Jepang (Bagian 1)

Buat kamu yang suka banget sama anime, dorama, cosplay dan segala hal yang berkenaan dengan Jepang, wajib banget nih kamu tau tentang Monbukagakusho Monbukagakusho ini adalah sejenis beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jepang buat kamu yang mau belajar di negeri sakura. Beasiswa ini tentunya akan meng-cover biaya studi, tiket pesawat PP Indonesia-Jepang, visa belajar, dan juga biaya hidup selama kamu menjalani programnya.

Monbukagakusho juga bisa disebut MEXT, singkatan dari Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology. Dari kepanjangannya aja, kamu sudah tau dong kalau beasiswa ini memang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Jepang. Setiap tahun Monbukagakusho selalu buka lho. Biar nggak ketinggalan, yuk kita simak info seputar program beasiswa yang dibuka!

Specialized Training College (Senshu)

membuat manga

Nah, kamu yang seneng banget anime atau manga dan pengen bisa bikin anime atau manga secara profesional, bisa ikutan program ini. Ada anyak pilihan bidang keahlian, mulai dari bidang teknologi seperti Arsitektur, Ilmu Komputer, AnimasiPenyiaran (Broadcasting) dan sebagainya sampe ke bidang personal care and nutrition seperti barber, nutrition, cooking, dan sebagainya.

Masa studi di program ini selama 3 tahun dengan 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Untuk ikutan program ini, at least kamu harus berumur 17 tahun dan maksimal berumur 21 tahun pada 1 April di tahun keberangkatan. Kamu pun harus sudah lulus dari SMA/K dan sederajat. Dalam program ini kamu diharuskan untuk punya nilai rata-rata UN at least 80 atau JLPT (Japanese Language Proficiency Test) dengan score minimal level N4 (tapi persyaratan nilai ini dapat berubah-ubah, ya).

Level N4 itu masih selow kok gaes, kamu perlu menghafal setidaknya 300 Kanji, menguasai 1500 kosakata, mengerti percakapan sehari-hari dengan tempo pengucapan yang lambat, dan paham materi-materi sederhana. Nah! So, diperbanyak lagi gaes nonton dorama dan anime nya! Lumayan loh buat menambah kosakata Bahasa Jepang-mu, plus jangan lupa belajar.

Info lebih lanjut: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_senshu.html

College Of Technology (Kosen)

belajar teknologi di jepang

Program yang satu ini memiliki jangka waktu 5 tahun dan dirancang buat lulusan SMP. Nah, selama kamu belajar 5 tahun, kamu akan ditawarkan pendidikan setingkat SMA dan pendidikan umum universitas dengan studi teknik yang dimulai pada tahun pertama. Kamu yang dapat beasiswa dalam program ini akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga.

Program ini lebih menekankan studi teknik yang sebagian besar terdiri dari eksperimen dan latihan praktek. Nah, karena hal yang difokuskan adalah studi teknik, maka pilihan jurusannya pun masih sekitar per-teknik-an seperti Teknik MesinTeknik Elektro, Teknik Kelautan, dan sebagainya.

Kalau kamu tertarik dengan program ini kamu harus berumur minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun pada 1 April di tahun keberangkatan. Kamu juga harus udah lulus ya dari SMA/K dan sederajat. Untuk mengikuti program ini kamu wajib punya nilai UN minimal 80 (Fyi. syarat nilai bisa berubah-ubah, ya).

Info lebih lanjut: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_kosen.html

Undergraduate/Program S1 (Gakubu)

kuliah s1 di jepang

Program beasiswa ini adalah yang paling ditunggu-tunggu karena menyediakan banyak sekali pilihan jurusan mulai dari jurusan IPA seperti kedokteran, pertanian, teknik, dan sebagainya sampai jurusan IPS seperti Ilmu Politik, pedagogi, Ekonomi, bisnis, Sosiologi, Ilmu Sejarah, dan sebagainya.

Buat kamu yang pengen banget berkuliah S1 di Jepang, beasiswa ini wajib untuk dicoba! Syarat yang harus kamu penuhi antara lain lulusan SMA/K dan sederajat dengan nilai UN at least harus 84 ya. Tapi mesti diinget kalau ketentuan nilai ini dapat berubah sewaktu-waktu. Oiya, bagi yang memilih jurusan IPS tapi nilai UNnya kurang dari 84, tetap bisa melamar dengan melampirkan JLPT minimal N3. Artinya kamu harus menghafal 650 Kanji, menguasai 3750 kosakata, mengerti artikel berbahasa Jepang dengan huruf Kanji sederhana dan dapat mengikuti perkataan orang Jepang dengan kecepatan normal. Masa belajar yang akan kamu lalui sekitar 5 tahun dengan 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Namun jika berminat dalam S1 bidang kedokteran, masa belajar yang akan kamu lalui sekitar 7 tahun.

Untuk info lebih lanjut:  https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu.html

***

Ketiga program di atas memang dikhususkan buat kamu yang baru lulus SMA nih, gaes. Yang membedakan tiga program ini adalah pada Specialized Training College (Senshu) kamu akan dipersiapkan untuk mendukung beragam industri. Jadi setelah lulus, kamu bisa bekerja di berbagai industri. Kalau College of Technology (Kosen) kamu kayak masuk SMA lagi tapi setelah itu bisa langsung masuk kuliah jenjang S1 tahun ketiga (kalau kamu berprestasi baik, ya) dan fokusnya pada bidang teknik.  Terakhir undergraduate (Gakubu) yang sama seperti kuliah S1 pada umumnya.

Ketiga program ini diprediksi buka pendaftaran pada awal Mei hingga akhir Mei di setiap tahun dan diberangkatkan di bulan April tahun berikutnya. Namun, bisa jadi prediksi waktu tersebut berubah. Saran saya, kamu perlu sering-sering mengecek informasi pendaftaran di link yang telah dicantumkan ya. Setidaknya kamu sudah mulai mencari informasi tentang beasiswa tersebut di bulan Januari atau Februari.

Tahap seleksi yang dilakukan ada dua tahap yaitu tahap primary screening seperti seleksi dokumen, ujian tulis, dan ujian wawancara. Lalu yang terakhir ada tahap secondary screening yang merupakan seleksi akhir dari Monbukagakusho/MEXT. Selamat mencoba!

Baca juga:

(Sumber gambar: sindonews.com, youstudyjapan.com, kompas.com, satuharapan.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1