5 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Meninggalkan Sarapan Setiap Harinya!

Sarapan merupakan suatu hal yang penting kamu lakukan sebelum melakukan aktivitas sehari-harimu. Mau sekolah, kuliah atau bekerja, sarapan harus tetap kamu lakukan. Hmm... Memangnya, kenapa sarapan itu penting, sih? Well, ketika kamu beraktivitas, meskipun kamu hanya banyak duduk mendengarkan guru atau dosen, kamu tetap harus memiliki energi untuk berpikir. Nah, energi yang kamu butuhkan ini akan kamu dapatkan ketika kamu sarapan sebelum melakukan aktivitas.

Perlu kamu ingat, gaes, energi yang baik, harus kamu dapatkan pula dari makanan-makanan yang baik. Nah, makanan yang baik yang bisa kamu jadikan sarapan diantaranya adalah telur, kopi dan teh tanpa gula, pisang, oatmeal, greek yogurt dan sebagainya. Nah, makanan yang sudah disebutkan merupakan makanan yang memiliki protein yang cukup tinggi, karbohidrat yang pas untuk tubuh dan menghasilkan energi dan memiliki serat yang bisa membuatmu kenyang dalam beberapa waktu yang cukup lama.

Nah, mau sesibuk apapun kamu dan apapun kegiatanmu, kamu harus memiliki waktu untuk sarapan, ya. Kalau kamu takut telat melakukan aktivitas karena sarapan, cobalah untuk bangun lebih pagi. Kalau kamu nggak mau bangun lebih pagi, cobalah untuk membawa sarapanmu ke sekolah, kampus atau kantor. Nggak biasa sarapan? Cobalah untuk biasakan dirimu untuk sarapan, ya. Pokoknya, sarapan merupakan suatu kegiatan penting yang wajib banget kamu lakukan sebelum beraktivitas. Berikut alasan-alasan kenapa sarapan menjadi suatu hal yang penting banget untuk dilakukan.

1. Membantumu menjaga berat tubuh

Nah, kamu yang lagi diet, jangan sampai salah melewatkan jam makan, ya. Ketika kamu lagi diet, jam makan yang harus kamu lakukan ialah jam sarapan, ya. Lho, kenapa begitu? Well, sebenarnya, sarapan malah justru dapat membantumu menjaga berat tubuh, lho.

Penelitian tentang hal ini pun sudah dilakukan sebelumnya. Menurut sebuah penelitian, orang-orang yang sarapan sebelum melakukan aktivitas cenderung memiliki berat badan tubuh yang lebih ringan dibandingkan mereka yang nggak sarapan. Nah, maka dari itu, buat kamu yang sedang diet, kamu harus memperhatikan tentang sarapan. Melewati sarapan merupakan hal yang salah ketika kamu sedang diet. Justru, ketika kamu nggak sarapan yang ada kamu akan lebih lapar dan memiliki keinginan untuk makan lebih banyak dibandingkan kalau kamu sarapan terlebih dahulu.

sarapan itu penting

Nah, kalau kamu lebih memilih untuk makan siang daripada sarapan, sebagian besar dari kamu pasti akan memilih makanan yang bisa kamu beli di dekat kantor, kampus atau sekolah dibandingkan bawa dari rumah. Nah, makanan ini bisa menyebabkan kamu mendapatkan lebih banyak berat badan karena makanan yang kamu makan ialah makanan cepat saji. Jadi, ada baiknya nih kalau kamu sarapan dengan memakan makanan sehat dan nggak berlebih.

2. Meningkatkan fokus dan memorimu

Yes, kalau kamu mendengar cerita orang bahwa setelah sarapan maka mereka bisa lebih fokus, dapat menyerap informasi dengan cepat dan banyak, lalu juga mereka dapat mengingat sesuatu lebih lama, kamu harus percaya dengan hal tersebut karena hal tersebut bukanlah suatu mitos.

Suatu penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang selalu sarapan memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan mereka yang nggak pernah sarapan. Lho, kenapa bisa begitu ya? Jawabannya karena ketika kamu sarapan, kamu akan mendapatkan berbagai nutrisi dan vitamin dari makanan sehat yang kamu makan. Selain itu, ketika kamu memakan makanan sehat, glukosa yang kamu dapat dari makanan tersebut dapat menjadi "bahan bakar" untukmu berpikir dan belajar. Sehingga, kamu bisa menjalani harimu dengan mudah dan bertenaga.

3. Menjaga kesehatan jangka panjangmu

Yes, dengan sarapan, kamu biaa menjaga kesehatan jangka panjangmu. Ketika kamu sarapan dengan makanan yang sehat dan porsi yang sesuai, maka, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol dan sebagainya.

Lho? Kenapa bisa begitu? Misalnya gini, setiap harinya kamu makan oatmeal dan juga buah-buahan. Perlu kamu ketahui bahwa oatmeal dan buah-buahan memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain bisa membuatmu kenyang lebih lama, serat ini pun bisa mengurangi kolesterol yang ada di dalam dirimu, lho.

Lalu, ketika kamu sarapan, pasti kamu cenderung akan makan siang dengan porsi yang sedikit. Perlu kamu ketahui, sarapan merupakan aktivitas makan yang lebih bisa menyerap vitamin dan nutrisi yang ada dalam makanan. Kalau kamu sarapan, pasti nutrisi yang kamu makan akan lebih terserap. Pada akhirnya, ketika kamu makan siang, kamu nggak akan lebih banyak membutuhkan porsi makan.

Penelitian juga mengatakan bahwa, ketika kamu merapel jam makanmu, kamu nggak akan mendapatkan khasiat yang sama besarnya ketika kamu sarapan. Ketika kamu merapel jam makan, tubuhmu akan menyerap sedikit nutrisi maupun vitamin yang terkandung dalam makanan tersebut. Selain itu, tubuhmu malah mengacaukan tingkat insulin yang bisa saja menfarah kepada penyakit diabetes. Duh, nggak mau kan?

4. Menahan rasa laparmu

Yes, sudah jelas banget, ketika kamu sarapan, pasti kamu akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini memiliki penjelasan ilmiahnya, nih, gaes. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa makanan-makanan seperti oatmeal dan buah-buahan kaya akan serat, gaes. Nah, maka dari itu, serat-serat ini akan membuatmu kenyang lebih lama.

sarapan itu penting

Selain makanan yang mengandung serat, makanan yang mengandung protein pun dapa membuatmu kenyang lebih lama. Makanan yang memiliki protein tinggi diantaranya adalah telur, greek yogurt, susu dan sebagainya. Nah, dengan kamu kenyang dalam waktu yang lama, kamu akan terjaga dari keinginan-keinginan untuk memakan makanan yang lainnya.

5. Menjaga mood-mu

Ketika kamu sarapan sebelum memulai aktivitas, sarapan tersebut dapat menjaga mood-mu, lho. Kok, bisa ya? Ya, bisa dong! Coba bayangkan ketika kamu harus mendengarkan dosenmu atau gurumu berbicara tetapi perutmu sedang kosong? Pastinya menyebalkan banget, kan? Apalagi kalau ternyata hari itu kamu ada ujian. Wah, bukannya kamu fokus pada soal-soal, yang ada kamu malah sibuk mikirin mau makan apa. Akhirnya, nilai yang kamu dapatkan pun nggak maksimal. Kamu pun akan merasa kesal di kemudian harinya. Nggak mau, kan, gaes?

***

Yap, itulah kelima hal yang akan kamu miliki ketika kamu nggak melupakan sarapan di pagi hari. Kalau kamu masih bertanya-tanya apakah sarapan itu penting, jawabapnnya adalah sangat penting. Dengan sarapan, kamu akan mendapatkan energi, fokus, daya ingat yang baik dan dapat memahami informasi lebih banyak.

Nah, ketika kamu mendapatkan hal-hal yang sudah disebutkan di atas, maka, kamu pun akan menjalani harimu dengan mudah. Kamu pun akan memiliki mood yang baik sehingga harimu pun akan berjalan dengan menyenangkan.

Buat kamu yang sedang diet, kamu boleh saja melewatkan jam makan tetapi jangan jam sarapan, ya. Justru, ketika kamu nggak sarapan, kamu malah bisa menaikkan berat badanmu. Ketika kamu sarapan, makanan yang telah kamu makan pasti akan diolah menjadi energi untuk kamu beraktivitas sehari-hari. Jadi, jangan sampai nggak sarapan, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: Well.family.combbc.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 11 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 14 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1