Ternyata Tugas Kuliah Itu Banyak Manfaatnya, Lho!

Ya, namanya saja juga kuliah—dimana jenjang pendidikannya lebih tinggi dari sekolah. Jadi, nggak heran, kalau tugas yang diberikan di kampus akan lebih banyak dibandingkan saat berada di bangku sekolah.

Ngomong-ngomong tentang tugas kuliah, nih. Nggak bisa dipungkiri, kalau tugas kuliah yang semakin banyak dan susah terkadang bikin kita cepat mengeluh, ‘kan? Alhasil kita juga jadi suka menunda ngerjain tugasnya karena 6 Hal yang Sering Membuat Pelajar dan Mahasiswa Suka Menunda Tugas. Dan, sikap seperti itu justru bikin kita jadi malas dan setengah hati mengerjakannya.  

Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dibalik banyaknya tugas kuliahmu itu, lho. Nggak percaya? Yuk, cari tahu manfaat-manfaatnya di bawah berikut ini.

1. Menambah wawasan

Pernah nggak, sih? Kamu mengalami dimana tugas kuliahmu sudah banyak, susah-susah, deadline-nya cepat lagi.  Kalau sudah seperti ini, kamu pasti mau nggak mau harus mencari jawaban dari berbagai sumber, ‘kan? Salah satunya mungkin dari buku-buku di perpustakaan.

Nah, dengan menggali informasi dari buku-buku tersebut, otomatis akan membuat wawasanmu semakin bertambah. Bahkan nggak cuma sebatas materi kuliah saja, kamu juga punya kesempatan untuk mendapat wawasan baru atau berbagai referensi baru dari berbagai bidang yang kamu baca di perpustakaan tadi—termasuk mengenai passion, hobi, dan karier impianmu.

2. Membuatmu terbiasa berpikir kritis

As you know, salah satu tujuan dosen memberikan tugas ke mahasiswa adalah untuk membiasakan mahasiswa berpikir kritis. Nggak jarang, tugas-tugas yang diberikan pun berupa studi kasus yang berkaitan dengan lingkungan sekitarmu.

Maka dari itu, rajin mengerjakan tugas akan membuatmu semakin terlatih dalam menelaah setiap masalah lengkap dengan pencarian solusinya, gaes.

3. Kamu terlatih untuk bekerja keras

Kamu ngerasa nggak kalau tugas kuliah itu seperti nggak ada habisnya? Selalu datang silih berganti tanpa henti.

Eits… tapi tenang saja! Tugas kuliah yang datang silih berganti akan sangat bermanfaat untukmu dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja—yang tentunya jauh lebih profesional dibandingkan saat kuliah.

Dengan kata lain, hal inilah yang bisa bikin jiwa kerja kerasmu terlatih dan nggak mudah mengeluh dengan tantangan yang ada.

4. Belajar menjalin interaksi dan kerja sama dengan orang lain

Eniwei, tugas yang diberikan dosenmu itu nggak selamanya berupa tugas individu, ‘kan, gaes? Kadang-kadang ada juga tugas kelompok yang harus didiskusikan, dikerjakan, dan dipresentasikan bersama-sama teman satu kelas.

Nah, kegiatan seperti inilah yang bisa jadi kesempatanmu untuk belajar membangun interaksi dan kerja sama dengan orang lain. Dan tentunya, hal ini akan berguna ketika kamu berada di dunia kerja. Sebab, dalam dunia kerja, nantinya kamu akan dituntut untuk bisa berkomunikasi dan bekerja sama yang baik dengan rekan kerjamu.

5. Memiliki manajemen waktu yang baik

Entah kamu sadari atau nggak. Setiap kali kamu mengerjakan tugas-tugas dari dosen yang berbeda, sebenarnya kamu juga sedang belajar mengatur waktu, lho. Kamu jadi bisa menentukan skala prioritas untuk masing-masing tugas kuliah berdasarkan dengan tenggat waktu supaya nggak keteteran.

Selain bisa menyesuaikan waktu antara mengerjakan tugas dari dosen satu ke dosen yang lain, kamu juga bisa belajar untuk mengatur waktu dengan sangat baik—mulai dari berbagai kegiatan organisasi hingga kehidupan pribadimu dengan keluarga maupun teman.

Psstt… semua itu tentunya akan bermanfaat untukmu bahkan sampai kamu lulus nanti gaes.

6. Menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif

Fyi, dalam sebuah laporan studi milik Psychological Science dikatakan bahwa menyibukan diri lebih baik ketimbang nggak melakukan apapun. Pasalnya, kunci dari kebahagiaan seseorang terletak dari kemampuan seseorang beraktivitas sehingga menjaga pikiran dari hal-hal negatif.

Nah, dengan kamu berkuliah dan mendapatkan tugas yang banyak, waktu luang yang kamu punya, akan kamu habiskan dengan banyak belajar dan mengerjakan tugas bukan? Hal ini tentunya bisa membantumu terhindar dari melakukan hal-hal yang negatif dan terlarang. Jadi, jangan sekali-sekali kamu meremehkan tugas kuliahmu, ya, gaes!

***

Itu dia, gaes, beberapa manfaat di balik banyaknya tugas yang kamu dapatkan ketika berada bangku kuliah. Well, tugas yang banyak, bukan cuma bikin kamu capek saja bukan? Selain bisa bergua untuk meningkatkan IPK, ternyata, tugas-tugas kuliah yang diberikan oleh dosen juga akan bermanfaat untuk pengembangan diri maupun masa depanmu kelak.

 

Baca juga:

(Sumber gambar: tes.com, missionself.com, corporatefinanceinstitute.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1