Sukses UAS Tanpa Menyontek?  Ini 6 Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Saat ini, pelajar SMA/SMK pasti sedang memasuki masa-masa akhir semester gasal. Tentunya, kamu akan menghadapi apa yang disebut dengan Ujian Akhir Semester atau UAS.

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan antara ulangan harian, ulangan semester, ataupun ujian nasional. Prinsipnya sama, berisi soal-soal dari materi yang telah dipelajari untuk menguji seberapa paham kamu mengenai materi tersebut.

Sayangnya, sebagian pelajar merasa UAS ini sebagai sesuatu yang hanya sekedar formalitas belaka bagi mereka. Ada juga yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan nilai yang memuaskan. Miris!

Padahal bisa kok, mendapatkan nilai yang baik tanpa harus menyontek. Inilah pemikiran yang perlu kamu camkan agar bisa sukses UAS dengan jujur.

1. UAS Bukanlah Suatu Momok Yang Menakutkan

Adakalanya UAS dijadikan sebagai suatu hal yang amat menakutkan (atau menyebalkan) bagi kebanyakan pelajar di Indonesia. Hal ini tentu salah besar dan patut diluruskan.

Sebab sebenarnya UAS tidak lebih sebagai suatu hal lumrah di dalam suatu proses pendidikan. Dengan adanya UAS, kamu malah bisa tahu apa potensi dan kelemahan dirimu.

Jadi, jangan sampai UAS malah menjadi momok yang menakutkan dalam studimu, ya, gaes.

2. UAS Bukanlah Sebuah Alat Mengukur Kepintaran Seseorang

UASKepintaran seseorang nggak bisa diukur hanya dengan UAS. Soalnya UAS itu bertujuan untuk mengukur seberapa jauh penguasaanmu terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan selama satu semester. Bukan soal kecerdasan apalagi bakat.

Oleh karena itu, nggak perlu berkecil hati dan minder (apalagi sampai menyontek) waktu ngerjain UAS.

3. Jangan Fokus Pada Nilai Semata

Memang bukan hal yang tabu di dunia pendidikan Indonesia bahwa kebanyakan pelajar hanya mengejar nilai daripada ilmu. Dan sayangnya, disadari atau tidak, banyak guru dan orang tua yang juga hanya melihat hasil daripada menghargai sebuah proses. Sehingga, hal itu yang terkadang pelajar lebih fokus berlomba-lomba mendapat nilai setinggi-tingginya.

Hal inilah yang perlu kamu ubah. Jangan lagi menempatkan nilai di atas segalanya! Coba tanya ke dalam dirimu sendiri, apa sebenarnya tujuanmu bersekolah? Untuk mencari ilmu atau mencari nilai?

Luruskan niatmu bersekolah terlebih dahulu. Karena sesungguhnya sekolah bukan hanya untuk mengejar nilai aja, lho, gaes! Tetapi gimana kamu mampu memahami materi (sehingga kelak ketika kamu lulus), ilmumu akan berguna dan tentunya bermanfaat bagi sesama.

4. Nyontek Nggak Memudahkanmu Menggapai Cita-cita

menyontekKamu mungkin berpikir bahwa dengan menyontek bisa memudahkanmu menggapai cita-cita. Itu pemikiran yang terlalu naïf, gaes.  

Meskipun nilaimu bagus dengan jalan menyontek di ulangan harian ataupun UAS maka di saat ujian yang amat menentukan misalnya SBMPTN, kamu akan kelabakan. Apalagi di bangku kuliah, saat kamu ketahuan nyontek atau berbuat curang, maka kelar, deh!

Di saat itulah, kamu baru sadar betapa pentingnya kejujuran dalam setiap ujian, baik ulangan harian maupun UAS. Jadi, sebelum semuanya terlambat, ubah kebiasaan burukmu untuk tidak lagi menyontek. Kamu tentu ingin punya masa depan yang cerah bukan?

5. Penguasaan Mental Itu Penting

Selain materi yang harus kamu kuasai, penguasaan mental juga sesuatu yang amat menentukan keberhasilanmu dalam menghadapi UAS, lho. Kok, bisa? Soalnya sikap mental yang akan menguji seberapa besar komitmenmu untuk jujur dalam mengerjakan UAS.

Nggak bisa dipungkiri, terkadang nuranimu berkata nyontek itu salah. Namun, di lain sisi tindakanmu sering melawan nuranimu sendiri. Nah, dengan penguasaan diri yang baik—tentu akan membuatmu nggak terjerumus dalam perbuatan yang seperti itu.

6. Percaya Pada Kemampuan Diri Sendiri

Tekadmu untuk sukses UAS akan sebatas angan-angan jika kamu tak memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Nggak pede itulah yang bikin kamu merasa perlu minta bantuan kiri-kanan.

Dengan kepercayaan diri yang tinggi, diiringi usaha dan doa tentunya, sukses dalam UAS tak hanya sekadar mimpi belaka!

***

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika kamu saat ini sedang menghadapi UAS. Tanamkan dalam benakmu bahwa kamu pasti bisa mengerjakan UAS tanpa harus menyontek. Jadilah pelajar yang jujur untuk kemajuan Indonesia, ya.

 

Baca juga:

(Sumber gambar: teachertoolkit.co.uk, realgood.id, .unej.ac.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 27 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1