5 Tips Tetap Produktif Saat Sedang Menjalani Kuliah Online

Seperti yang sudah diketahui oleh kalian semua, gaes. Untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19 yang tengah merebak ini pemerintah akhirnya memutuskan untuk mengganti sistem perkuliahan di berbagai kampus di Indonesia.

Dari yang awalnya kamu ke kampus untuk tatap muka sama dosen menjadi kuliah daring atau online. Of course, hal ini mengundang pro dan kontra bagi para mahasiswa. Pasalnya banyak dari mereka yang nggak begitu paham dengan sistem perkuliahan online yang diadakan. Apalagi kalau tempat mereka belum tersedia fasilitas internet atau Wi-Fi yang memadai. Sehingga memunculkan kekhawatiran kalau mereka nggak akan bisa mengejar materi yang disampaikan.

Eits… tapi, kamu nggak perlu khawatir, nih, gaes. Soalnya di bawah berikut ini ada beberapa tips jitu untuk memudahkan kamu saat sedang kuliah online. Sehingga kamu nggak cuma rebahan saja di kamar alias jadi mahasiswa yang tetap produktif meskipun sedang menjalankan kuliah online.

1. Buat jadwal kegiatanmu sehari-hari selama sedang menjalani kuliah online

Meski nggak diwajibkan untuk berangkat ke kampus, bukan berarti kamu bisa malas-malasan atau tiduran seharian di kamar. Kamu pun tetap harus mempelajari materi perkuliahan yang ada. Ya, memang, sih belajar mandiri cenderung menimbulkan rasa malas yang berlebihan karena nggak ada pihak yang mengawasi dan mengontrol kamu.

Meskipun demikian, kamu tetap bisa mengantisipasi rasa malasmu itu dengan membuat jadwal kegiatanmu secara rutin. Misalnya aja, dari jam 7-9 kamu olahraga di dalam kamar, bersih-bersih kamar, mandi dan sarapan (ingat, ya, kamu tetap harus berpakaian rapi biar semangat belajarnya nggak luntur). Trus, dari jam 9-11 kamu bisa mempelajari materi kuliah A, 1 jam berikutnya bisa diisi dengan bersantai sebentar (sholat, main ponsel pintar atau makan cemilan). Dilanjut lagi 2 jam dengan mempelajari materi kuliah B. Malamnya buat ngerjain tugas dan istirahat yang benar.

Intinya, sebisa mungkin kamu harus tetap mempelajari materi kuliahmu di semester ini dan isi kegiatan sehari-harimu dengan kegiatan bermanfaat.

2. Mengerjakan tugas sebelum deadline

Fyi, di beberapa kampus di Indonesia para dosen biasanya akan memberi tugas yang cukup banyak sebagai pengganti kuliah online. Nah, biar kamu  nggak kewalahan nantinya, kamu harus membuat list tugas-tugas tersebut dan memprioritaskan mana yang harus dikerjakan sekarang dan mana yang bisa dikerjakan nanti. Jangan sampai kamu baru mengerjakan saat kuliah online akan berakhir.

Sebisa mungkin kamu hindari dulu mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam, apalagi di tengah wabah virus corona yang kian berkembang ini. Karena kalau kamu sering bergadang sistem imun dalam tubuh kamu akan berkurang dan ini bisa menyebabkan kamu sakit (baca lebih lanjut di: 4 Bahaya Begadang Terhadap Kesehatan Tubuh). Lebih baik untuk mencicil perhari biar kamu nggak merasa terlalu terbebani. Anggap saja tugas tersebut sebagai sebuah pekerjaan. Kalau kamu nggak mengerjakannya, kamu nggak akan memperoleh bayaran.

3. Membaca buku untuk menghilangkan suntuk

Banyak dari kamu yang menganggap kegiatan membaca buku itu sangat membosankan. Padahal kalau kamu sudah menemukan buku yang pas, pasti kamu akan menarik ucapanmu tadi, lho.

Anyway, nggak cuma menambah ilmu baru, membaca buku juga membuat otakmu bekerja lebih efektif, dan bisa menambah memori baru dari buku yang kamu baca. Selain itu, membaca buku bisa menghilangkan rasa suntukmu saat sedang bosan membaca materi perkuliahan. Apalagi saat ini tersedia banyak sekali e-book yang bisa kamu unduh secara gratis. Jadi, kamu nggak harus pergi ke toko buku atau perpustakaan cuma buat membaca buku. Cukup siapkan ponsel maupun laptop di tanganmu.

4. Menonton film yang berhubungan dengan program studi yang kamu jalani

Daripada kebosanan dan kamu nggak bisa keluar, lebih baik kamu memanfaatkan waktu untuk menonton film maupun drama. Tapi, sebisa mungkin kamu juga harus pandai memilah film mana yang sebaiknya ditonton.

I mean, ada baiknya kalau kamu menonton film yang masih berhubungan dengan program studi yang kamu jalani. Kalau kamu mahasiswa program studi Ilmu Hukum, tontonlah film-film yang berhubungan dengan hukum. Atau kalau kamu mahasiswa semester 1 progam studi Sastra Korea yang ingin memperdalam bahasa Korea, kamu bisa menamatkan beberapa judul drama korea dan mencatat berbagai kosakata yang asing di telinga kamu. Ya, intinya kalau buat saya menuntut ilmu bisa juga dilakukan dengan cara yang fun seperti ini.

Oiyaa… satu lagi, gaes. Kalau mau nonton film jangan lupa kerjakan dulu semua deadline tugasnya, ya. Hihihi.

5. Melakukan hobi tanpa harus keluar rumah

Kamu, saya dan setiap orang tentu memiliki hobi yang bermacam-macam. Ada yang hobinya berenang, lari pagi, naik gunung, memancing, dan lain sebagainya. Tapi, dalam keadaan seperti ini, ada baiknya kalau kamu melakukan hobimu di rumah saja. Selama beberapa minggu ini, hindari untuk berpergian kalau nggak penting-penting banget.

Misalnya kalau selama ini kamu hobi nge-gym di tempat gym langgananmu, kamu bisa menggantinya dengan olahraga ringan di rumah. Apalagi kalau diiringi sama musik yang beat. Saya jamin, pasti nggak kalah seru kok dengan nge-gym yang biasanya kamu lakuin. Jadi, kamu bisa tetap sehat tanpa harus keluar rumah.

***

Nah, itulah 5 tips tetap produktif saat kamu sedang menjalani kuliah online. Yuk, gaes, cegah penularan virus COVID-19 ini dengan self distancing. Stay save and stay healthy everyone!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: augeaccountants.com, study.com, bodylanguagecentral.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1