10 Keuntungan Menjadi Anak Kuliah

Geas, jangan terlalu khawatir dan nervous sama kehidupan kuliah, ya. Setelah lulus SMA dan masuk perguruan tinggi, kamu akan menikmati berbagai privilege dan keuntungan spesial, yang hanya dialami anak kuliahan, seperti:

1. Bisa bangun (lebih) siang. Ketimbang zaman SD hingga SMA, umumnya jam masuk kuliah lebih siang. Malah kalau beruntung, kamu bisa memulai hari dengan kelas siang, sekitar jam 12.00-an.

Artinya, kamu punya lebih banyak waktu untik siap-siap, sarapan cantik, daaaan peluk guling. Yeay!

keuntungan kuliah

2. Baju bebas. Nggak harus pakai seragam!

3. Jam kuliah nggak sepadat sekolah. Di sekolah, mungkin kamu harus belajar non-stop, dari jam 7 pagi sampai jam 3-4 sore, dengan banyak mata pelajaran. Beda dengan di kampus. Dalam sehari, hanya ada 2 hingga 4 mata kuliah, dan waktunya relatif lebih singkat.

4. Di semester yang SKS-nya nggak terlalu padat, kamu mungkin saja bisa mendapatkan libur saat weekdays.

5. Liburannya lebih panjang. Biasanya, sekitar 1 bulanan di akhir dan awal tahun, kemudian 3 bulan di pertengahan tahun.

Liburan tersebut bisa diisi dengan magang, ikutan semester pendek, hingga keliling dunia….. atau keliling Dunia Fantasi aja dulu, lah, kalau budget mepet.

6. Bisa menentukan studi dan kuliahmu sendiri. Semasa sekolah, pelajaran dan segala jadwalmu sudah ditentukan. Sementara saat kuliah, biasanya kamu boleh menentukan jumlah SKS dan mata kuliah yang ingin kamu ambil, mengatur sendiri jam kuliahmu, serta bebas memilih Mata Kuliah Pilihan.

Pokoknya, kamu bakal lebih punya kuasa terhadap perjalanan studi kamu. Tetapi seperti kutipan beken di film Spiderman, “With great power comes great responsibility.” Jangan sampai kuliah kamu amburadul, gara-gara kamu terlalu santai saat mengaturnya.

7. Kamu bisa mempelajari sesuatu yang spesifik dan sesuai dengan minat dan passion kamu. Sedangkan zaman sekolah 'kan, pelajarannya masih umum banget.

Hasilnya, kamu akan merasakan semangat masuk kelas dan belajar, karena kamu benar-benar menyukai bidangnya.

Itulah kenapa, penting banget kamu mengambil jurusan kuliah yang sesuai minat. Jangan pilih jurusan karena ikut-ikutan atau dengan alasan "yang penting masuk kuliah".

kuliah kelas

8. Kamu bakalan ketemu dengan teman-teman yang memiliki minat dan hobi yang sama. Waktu sekolah dulu, murid-murid di sekolah kamu 'kan benar-benar beragam. Ada yang suka sains, ilmu sosial, seni dan lainnya.

Nah, saat kuliah, kamu akan dikumpulkan dengan orang-orang yang memiliki pilihan dan passion yang sama denganmu.

Misalnya, jurusan Desain, Ilmu Komputer, atau Hukum pasti punya mahasiswa yang punya karakter khas masing-masing, sesuai dengan jurusannya.

9. Kesempatan untuk bekerja, usaha dan magang semakin terbuka lebar saat kamu berstatus mahasiswa.   

10. Kamu juga akan dianggap muda, namun cukup dewasa, sehingga pemikiran, suara dan ide kamu akan lebih diperhitungkan saat kamu berdiskusi dengan orang-orang yang lebih tua. Pendapat kamu bakal lebih didengar oleh masyarakat, mulai dari keluarga sendiri hingga pejabat. Hore!

(sumber gambar: theodysseyonline.com, sociochick.com, easyhometutor.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 25 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1