7 Hal Yang Jangan Pernah Kamu Lakukan Setelah Bangun Tidur

Pagi hari sangat menentukan bagaimana mood kita sepanjang hari. Kalau kita kurang sarapan atau kurang berenergi pas pagi hari, siangnya pasti jadi lebih gampang ngantuk. Di kelas dengerin guru atau dosen sambil nahan ngantuk.

Tapi nggak cuma karena kurang berenergi gaes, kebiasaan-kebiasaan tertentu juga bisa merusak mood kita atau malah bikin kita kurang produktif. Menurut Bright Side, kalau kita suka ngerasa nggak bertenaga, nggak mood, nggak semangat, mungkin karena kita suka melakukan 7 kebiasaan ini di pagi hari. Apa aja tuh?

1. Memencet tombol snooze alarm

Masih suka snooze alarm handphone? Mulai sekarang jangan lagi deh gaes. Menurut sleep specialist, tubuh kita membutuhkan beberapa waktu untuk siap bangun tidur. Ketika kita memencet tombol snooze, sama  aja membuat tubuh kita berpikir, “ah, alarm-nya salah nih. Aku masih butuh bobok lagi”.

Nanti ketika alarm bunyi lagi, tubuh kita dibuat bingung, “loh, kok bunyi lagi sih?”. Semakin sering kita snooze, tubuh kita akan semakin bingung. Otak kita pun juga akan berpikir, “jadi mestinya bangun apa tidur nih?”. Ketika kita akhirnya bangun setelah snooze berkali-kali, tubuh kita pun jadi berasa capek dan akhirnya malas-malasan.

2. Malas-malasan di atas kasur

Mata sih udah melek tapi badan masih pengen guling-gulingan di atas kasur. Daripada malas-malasan di atas kasur, lebih baik stretching untuk meluruskan kaki dan tanganmu. Semakin sering kamu stretch, kamu akan lebih percaya diri dan happy sepanjang hari.

3. Buru-buru cek handphone

Yang satu ini, saya pun juga masih sering melakukan. Baru bangun, jalan ke meja liat handphone, buka-buka sosmed atau WA.

Kebiasaan ini emang nggak baik gaes. Cek sosmed bisa bikin kamu nggak focus sama hal-hal yang mestinya segera kamu lakukan. Tau sendiri kan buka sosmed kadang bisa bikin lupa waktu? Padahal harusnya kamu siap-siap mandi, nyiapin baju buat berangkat sekolah.

4. Nggak membereskan kasur

Walaupun kamu ada “mbak” atau Mama yang bersedia membereskan tempat tidurmu, coba deh biasakan ngeberesin kasur sendiri. Mungkin emang kesannya remeh banget ya, tapi ngeberesin kasur sebenarnya berefek ke kesiapan kita menjalani hari. Ngeberesin kasur membuat kita teratur dan merasa siap. Jadi manfaatin waktu 2 menit di pagi hari untuk beres-beres kasur dan melipat selimut ya.

5. Ngopi pagi-pagi

Ngerasa nggak mantep kalau nggak ngopi? Hmmm…pikirin lagi deh. Sebenarnya tubuh kita setiap harinya memproduksi hormone kortisol yang fungsinya untuk mengatur energy dalam tubuh. Nah, hormone kortisol ini biasanya diproduksi sekitar jam 8 sampai jam 9 pagi.

Jadi, minum kopi itu baiknya setelah jam setengah 10 pagi. Ngopi yang kepagian justru bikin tubuh kita memproduksi kortisol dalam jumlah sedikit dan energy dalam tubuh berkurang.

6. Udah bangun sih tapi kamar masih dalam keadaan gelap

Kita punya jam biologis yang fungsinya mengatur apa yang harus dilakukan tubuh secara alami, termasuk tidur dan bangun tidur. Jam biologis kita sangat sensitive dengan cahaya. Kalau kita bangun di suasana yang gelap, otak kita akan menganggap hari masih gelap dan harusnya kita masih tidur. Jadi kalau udah bangun, buka gorden, dan nyalakan lampu gaes.

7. Bingung dengan apa yang harus dilakukan

Biasanya saya kalau habis mandi, pengen dengerin music, pengen nyiapin baju yang mau dipake, terus mau makan juga. Duh, rasanya banyak banget ya yang mau dilakuin.

Sebenarnya yang perlu kita lakukan adalah membuatnya menjadi habit. Misalnya nih, habis mandi nyiapin baju yang mau dipake, terus setel music sambil makan. Buat aja semua kegiatan tadi jadi suatu habit yang otomatis kita lakukan tanpa perlu berpikir lebih lama. Kalau kita ngeluarin waktu dan tenaga buat mikirin hal-hal kecil tadi, kita akan kehilangan mood dan semangat yang mestinya kita butuhkan untuk sekian jam ke depan.

Kalau kamu masih melakukan hal-hal di atas, yuk, mulai hilangkan dari bangun besok pagi!

(sumber gambar : wovgo.com, geekpause.com, linkedin.com, realita.co, dreams.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 27 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1