Profesiku: Website Developer, Kukuh Prabowo

Dalam seri "Profesiku", kamu bisa kenalan dengan berbagai profesi, lewat cerita para senior yang menekuninya. Kali ini, yuk, kenalan dengan profesi website developer bareng Kukuh Prabowo!

Kukuh Prabowo (Kukuh) bekerja di Innovecto (PT Adrian Inovasi Arsana) sebagai Web Developers atau pengembang situs‍. Kukuh adalah lulusan Universitas Bina Nusantara‍, jurusan Matematika‍. Kukuh yang belajar coding (kegiatan menyusun pembuatan aplikasi berbasis website dengan komputer) secara otodidak ini, mengaku bahwa seorang website developer pasti bakal selalu ada di depan komputer. Komputer udah kayak teman sejiwa deh, pokoknya!

Web Developer 2 - Youthmanual

Profesiku:

Website developer di salah satu perusahaan start up yang bergerak di bidang pembuatan aplikasi mobile dan website.”

Tugasku sehari-hari:

1. "Membuat rancangan sistem yang akan dibangun sesuai dengan permintaan klien. Biasanya, kita berkomunikasi dengan Desainer Grafis‍ juga untuk tahu gambar atau layout apa yang akan dipakai."

2. "Coding - Membangun sistem berdasarkan fitur-fitur yang diinginkan. Misalnya, klien pengen websitenya ada fitur memasukan gambar, chat, atau mungkin beli barang."

3. "Setelah membangun sistem, kita bakal launching website supaya klien bisa lihat apakah implementasinya sesuai atau nggak."

4. "Membuat revisi, kalau klien merasa ada yang kurang atau ingin diubah."

Web Developer 1 - Youthmanual

Modal utama untuk menekuni profesi ini:

“Pastinya butuh laptop atau komputer.

Selain itu, seorang website developer butuh dasar pengetahuan algoritma yang kuat. Di dalam kegiatan coding, website developer butuh kemampuan logika untuk menyelesaikan masalah.”

Tahap untuk mencapai profesi ini:

“Kalau saya dulu dipanggil wawancara lalu menjalani technical test. Dilihat bagaimana kemampuan coding dan logika menyelesaikan  masalah. Kalau lolos biasanya dipanggil lagi untuk negosiasi gaji. Jenjang karir website developer adalah junior programmer - advance programmer - senior programmer.”

Suka duka menjalani profesi ini:

"Menurut saya, website developer adalah seniman. Seniman dari bahasa pemrograman. Profesi ini kayak profesi produser, arsitek atau bahkan dokter. Setiap hari, wawasan seorang website developer terus berkembang sesuai dengan permasalahan yang ada. Kemampuan website developer nggak bisa dinilai dengan angka. Misalnya, si A nilainya delapan lalu si B nilainya sepuluh.

Setiap website developer punya ciri khas masing-masing dalam membangun sebuah sistem. Mereka punya selera dan jalan sendiri untuk menyelesaikan masalah dengan logika tertentu.

Misalnya, developer A membangun sitem log in dengan menggunakan nama, sementara developer B membangun sistem log in dengan menggunakan angka nomer telepon atau email. Sebetulnya, kedua tujuan mereka sama yaitu menyelesaikan permasalahan log in, tapi cara mereka berbeda. Makanya karakter seorang website developer bisa dilihat dari hasil codingnya juga, lho!

Dukanya kadang permintaan klien cukup berat tapi waktunya terbatas. Atau permintaan klien sudah melenceng dari apa yang disepkati. Itu bikin stress pake banget! Hahaha!”

Web Developer 3 - Youthmanual

Tips untuk anak muda yang mau menekuni profesi ini:

"Jangan pernah berhenti belajar. Teknologi di dalam pembangunan website itu berkembang terus. Kalau kita ilmunya nggak diasah, kemampuan kita bakal mandek sampai di situ. Nggak bisa lagi bikin sebuah karya yang dipahami dan bermanfaat buat perkembangan zaman.”

(Sumber gambar: entrepreneur.com, Kukuh, envelopsolutions.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Crypton | 16 hari yang lalu

Setelah 2018 ingin masuk oseanografi di postingan ini dan sekarang sudah semester 9, sangat bersyukur bisa ada di oseanografi.. Next S2 Ocean Instrumentation!!

Serba-Serbi Jurusan Oseanografi—Untuk Kamu yang Ingin “Kenalan” Lebih Jauh dengan Laut dan Seisinya
Olinnn | 19 hari yang lalu

Open pp/endorse cek ig : pragunawati_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1