11 Pilihan Karir untuk Kamu yang Sedang Menempuh Program Studi Ilmu Komunikasi

Siapa di antara kalian yang sedang menempuh program studi Ilmu Komunikasi aka Ilkom? Yups, program studi Ilkom merupakan salah satu prodi yang sedang tren di kalangan anak muda.

Program studi Ilkom erat kaitannya dengan mahasiswa/mahasiswi stereotip santai dengan mata kuliah yang mudah. Bahkan banyak lulusan Ilkom yang menerima cibiran karena dianggap prospek kariernya nggak pasti.

Tapi buat kamu yang sedang berkuliah di program studi Ilkom atau baru saja lulus, jangan berkecil hati, lho, gaes. Sebab saat ini, lulusan Ilmu Komunikasi memiliki prospek karier yang menjanjikan dalam dunia kerja. Berikut 11 di antaranya.

1. Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran  

Salah satu prospek kerja Ilkom bisa bergelut dalam bidang riset, yaitu sebagai Analis Riset Pasar. Lulusan ini banyak dilirik oleh perusahaan untuk memetakan produk apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

analisis riset pasar

Seorang Analis Pasar bertugas untuk mencari tau cara berpikir masyarakat atau calon konsumen saat membutuhkan suatu produk baik barang ataupun jasa. Mereka akan mengumpulkan data di lapangan dan menganalisisnya sehingga menjadi suatu acuan bagi perusahaan sebelum meluncurkan produknya.

Seorang Analis Pasar dituntut untuk memiliki kepekaan atas perkembangan pasar. Selain itu, Analis Pasar dibutuhkan untuk menemukan strategi yang tepat guna melakukan terobosan baru pada masyarakat. Dengan begitu, produk yang dibuat oleh perusahaan akan tepat sasaran dan laku di pasaran.

Intinya, sih, kamu harus peka terhadap perilaku ekonomi masyarakat, gaes.

2. Pengamat Komunikasi Politik

Saat ini, dunia politik sedang jadi sorotan. Apalagi, sebentar lagi Indonesia mendekati momen-momen besar seperti pemilihan presiden dan pilkada serentak. Adanya momen tersebut, membuat satu bidang profesi di bidang politik naik daun, yaitu Pengamat Komunikasi Politik.

pengamat politik

Seorang Pengamat Komunikasi Politik berperan mencerdaskan masyarakat dalam membaca gelagat dan tanda komunikasi yang dikeluarkan oleh para politisi. Berbekal ilmu yang telah di tempuh, seorang Pengamat Komunikasi Politik bisa menjelaskan bagaimana cara pandang dan posisi seorang politisi berdasarkan pernyataan yang diutarakannya.

Seorang  Pengamat Komunikasi Politik akan sangat laku sebagai pembicara atau narasumber untuk diwawancarai media massa terkait peristiwa politik. Mereka pun akan cukup dikenal masyarakat dan menjadi acuan para politisi dalam melakukan langkah politik selanjutnya. Wihh, keren, ya?

Meski begitu, untuk menjadi seorang Pengamat Komunikasi Politik, kamu harus berbekal pengetahuan politik yang luas, gaes. Kamu harus membekali dirimu dengan isu-isu terhangat terkait komunikasi politik dari politisi maupun partai supaya hasil analisis politikmu menjadi lebih mendalam.

3. Public Relation/ Hubungan Masyarakat  

public relation

Prospek kerja ilmu komunikasi selanjutnya adalah spesialis hubungan masyarakat atau disebut Public Relation. Dalam menghubungkan sebuah instansi dengan masyarakat, Public Relation berfungsi mendesain brand image dari suatu instansi.

Bagaimana kesan yang dicitrakan instansi tersebut di mata masyarakat. Ada bermacam media yang bisa digunakan untuk branding—seperti media sosial, pernyataan publik melalui pers, sampai sponsorship sebuah event.

Seorang Public Relation juga berfungsi sebagai kontrol pers saat instansi tempatnya bekerja mengalami suatu krisis. Public Relation akan mengkoordinasikan kemunculan berita di media serta mengatur berita tentang instansinya yang akan dirilis pada publik.

4. Juru Bicara

juru bicara

Salah satu prospek kerja dari program studi Ilkom yang cukup diminati adalah menjadi Juru Bicara baik atas nama perseorangan atau lembaga/institusi.

Menjadi Juru Bicara bukan pekerjaan yang mudah, lho, gaes. Sebab Seorang Juru Bicara bertugas menyampaikan titik pandang dari orang atau lembaga yang mereka wakilkan alias menjadi wajah dari orang atau lembaga tersebut.

Juru bicara bisa dikatakan bagian dari bidang pekerjaan Public Relation, lho, gaes. Bedanya Juru Bicara tampil di publik lebih sering dan apa yang mereka bicarakan menjadi pernyataan resmi dari orang atau lembaga yang diwakilkan.

5. Event Organizer 

EO

Event Organizer/EO bekerja pada suatu perusahaan yang biasa mengadakan beragam jenis event. Kemampuan lulusan Ilkom dalam berelasi dengan banyak orang sangat dibutuhkan, lho, gaes.

Seorang EO harus mengurus semua hal dengan detil—mulai dari klien, vendor, sampai para tamu atau undangan yang hadir. Maka dari itu, prosfesi ini sangat cocok dengan orang-orang yang mempelajari Ilkom.

6. Penyiar Televisi/Presenter/Pembawa Acara, Penyiar Berita , Penyiar Radio 

News Anchor

Menjadi News Anchor atau Penyiar Berita/Radio juga merupakan prospek kerja Ilkom. Profesi ini harus mampu mempersiapkan berita dari membaca, menginterpretasi, menulis, hingga mengkomunikasikannya.

Dalam situasi spesifik seperti pada breaking news, para pembaca berita harus mampu berpikir cepat untuk memilah dan menyampaikan informasi yang relevan, lho.

9. Representatif Layanan Konsumen  

layanan konsumen

Prospek kerja berikutnya adalah menjadi Perwakilan Layanan Konsumen dari suatu produk yang dijual oleh perusahaan. Profesi ini harus memiliki kesabaran dan rasa empati yang tinggi karena setiap harinya harus menghadapi keluh kesah para pelanggan.

Selain itu, seorang Perwakilan Layanan Konsumen harus senantiasa memiliki sikap positif terhadap segala masalah. Ingat, seorang Perwakilan Layanan Konsumen harus mampu membuat setiap pelanggan yang mengajukan komplain merasa dihargai.

10. Sales Periklanan 

sales

Prospek kerja yang satu ini juga masih berhubungan dengan produk dan konsumen, yaitu Sales Periklanan. Mereka menjual produk dan jasa dengan fokus untuk membuat konsumen yang loyal. Profesi ini memerlukan kemampuan networking yang kuat, lho, gaes. Karena kemampuan berkomunikasi secara langsung masih sangat dibutuhkan di dunia ini.

11. Copywriter 

copywriter

Prospek kerja Ilkom lainnya yang masih berada di dunia penulisan adalah Copywriter di bidang periklanan. Dalam pekerjaan ini, kemampuan yang dituntut dari sarjana ilmu komunikasi adalah penggunaan bahasa verbal dan nonverbal yang mampu mempersuasi masyarakat. Seorang Copywriter dalam bidang periklanan biasa menulis brosur, kemasan produk, hingga jingle iklan.

Seorang lulusan Ilkom bisa juga menjadi penulis sesuatu yang bersifat informative, lho—seperti penulis artikel berita hingga hiburan (novel). Keahlian menulis, penguasaan tata bahasa, bisa menjadi senjata bagi lulusan Ilkom yang menggeluti pekerjaan ini.

***

Nah, itu dia 11 pilihan karir yang bisa jadi gambaran untuk masa depan ketika kamu memutuskan untuk mengambil program studi Ilkom. Tapi ingat, prospek kerja lulusan Ilkom nggak hanya poin-poin di atas aja, lho. Masih buuuanyak bidang yang bisa kamu geluti dengan ilmu yang sudah kamu dapatkan selama menempuh pendidikan.

 

Baca juga:

(Sumber gambar: the4thwheel.com, rumahumkm.net, pinterest.com, medium.com, setkab.go.id, malang123.com, brainfall.com, lynda.com, lucidchart.com, anthonygaenzle.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©