Menu

5 Program Studi yang Cocok Buat Kamu yang Hobi Menggambar

Di sekolah, pasti, ada saja temanmu yang memiliki hobi menggambar.  Di jam istirahat, setelah makan siang, ia pasti menyempatkan diri untuk menggambar. Bahkan, ketika guru menjelaskan, pasti ada saja temanmu yang justru malah asik menggambar. Sepulang sekolah, mungkin kamu juga akan melihat update-an Instagram-nya yang nggak jauh dari urusan gambar-menggambar.

Ketika saya masih duduk di bangku sekolah, urusan gambar-menggambar menjadi suatu hal yang nggak saya sukai. Kenapa? Karena saya nggak bisa menggambar! Huhu. Dulu, waktu saya belajar tentang menggambar perspektif, saya butuh waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan tugas tersebut. Pokoknya, saya pantang banget, deh, kalau disuruh menggambar. Karena saya nggak bisa menggambar, akhirnya saya selalu merasa terkesan dengan teman-teman saya yang jago sekali menggambar.

Nah, kalau kamu, apakah kamu bisa menggambar, gaes? Apakah kamu punya teman yang jago menggambar? Apakah kamu terkesan dengan hal-hal yang digambarnya? Well, gaes, kamu harus tahu, kalau kamu suka menggambar atau kamu memiliki teman yang jago menggambar, ada, lho, program studi yang cocok untukmu atau temanmu. Hmm… Program studi apa saja, ya, yang cocok buat kamu-kamu yang suka menggambar? Penasaran, yan Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Desain Komunikasi Visual 

desain komunikasi visual

Nah, buat kamu yang hobi menggambar, program studi yang cocok untukmu salah satunya yaitu Desain Komunikasi Visual atau yang biasa dikenal sebagai DKV. Di program studi yang satu ini, tentunya kamu bisa menjalankan semuanya sesuai dengan hobimu. Selain itu, kamu juga bisa memperdalam kemampuan menggambarmu, lho, dengan bergabung di program studi yang satu ini.

Memangnya, DKV itu program studi yang mempelajari apa, sih? DKV merupakan program studi yang mempelajari tentang desain dan multimedia. Kamu akan mempelajari tentang bagaimana menyampaikan suatu pesan menggunakan media visual yang nantinya akan kamu ciptakan.

Bisa dikatakan bahwa program studi ini merupakan campuran antara seni desain tradisional dan juga seni desain modern. Seni desain tradisional disini ialah kamu akan menggambar di media seperti kertas dan kanvas menggunakan pensil, pulpen dan sebagainya. Sedangkan seni desain modern, kamu akan menggambar menggunakan teknologi digital. Di program studi ini, kemampuan kreativitasanmu akan diuji.

2. Arsitektur 

Di program studi yang satu ini kamu akan banyak sekali menggambar. Berbeda dari Program Studi Desain Komunikasi Visual, pada program studi ini kamu akan lebih banyak belajar menggambar suatu bangunan seperti gedung, rumah dan sebagainya. Selain menggambar, kamu juga akan sering membuat maket, lho. Maket, tuh, apa, sih? Maket adalah miniatur atau model bangunan yang dibuat dengan tujuan mempermudah visualisasi dari suatu ide dalam membuat bangunan.

Nggak hanya soal gambar menggambar dan juga estika, kamu juga akan belajar tentang teori, lho, misalnya seperti fisika bangunan, struktur dan konstruksi, utilitas, kalkulus dan lain sebagainya. Intinya, di Program Studi Arsitektur ini, kamu akan mempelajari tentang kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas) dan fungsi bangunan (utilitas)

3. Game dan Animasi 

game dan animasi

Nah, buat kamu yang suka nonton anime atau kartun, suka main game dan juga suka menggambar, program studi yang satu ini sangat cocok buat kamu, gaes! di program studi game dan animasi, kamu akan belajar tentang bagaimana membuat gambar dan jalan cerita yang bagus untuk game dan animasi tersebut.

Wah, yang tadinya kamu hanya sebagai penikmat game dan juga animasi, eh, setelah kamu masuk jurusan ini, kamu malah jadi pembuat game dan juga animasi. Keren banget, kan, gaes?

4. Seni Rupa Murni (Fine Arts) 

Mungkin banyak dari kamu yang berpikir bahwa program studi yang satu ini hanya mengajarimu cara menggambar, padahal sesungguhnya, kamu nggak hanya belajar menggambar saja, lho. Di program studi yang satu ini, kamu akan belajar banyak hal seperti seni keramik, fotografi, seni patung dan sebagainya. Kamu juga akan belajar tentang sosiologi seni, sejarah seni di Indonesia, komunikasi seni, kritik seni rupa dan lain sebagainya.

Di dalam program studi ini, hobimu dalam gambar-menggambar dan menciptakan karya seni, nggak hanya dijadikan sampingan, gaes. Justru, kamu akan belajar, bagaimana sih, agar karya seni yang kamu ciptakan dapat memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

5. Tata Busana 

tata busana

Nah, kalau kamu suka menggambar pakaian-pakaian, kamu cocok banget, nih, masuk ke program studi yang satu ini. Daripada gambarmu hanya menjadi pajangan, lebih baik, wujudkan gambar tersebut menjadi pakaian agar memiliki nilai jual. Nah, pada program studi ini kamu nggak hanya belajar tentang menggambar pola pakaian saja, gaes, namun kamu juga akan belajar menjahit pakaianmu sendiri.

Selain itu, kamu pun akan belajar untuk menganalisa tren pakaian, marketing dalam dunia fashion, business management dalam dunia fashion dan sebagainya. Yang menjadi menarik, biasanya, nih, diakhir semester, kamu harus menyelenggarakan acara fashion show untuk memamerkan pakaian-pakaian yang telah dibuat untuk ujian akhir. Seru banget, kan?

***

Nah, jadi nggak ada ceritanya, ya, kalau di dunia kuliah nggak menyediakan program studi buat kamu yang hobi menggambar. Ternyata ada banyak, kan, program studi yang cocok buat kamu yang hobi menggambar? Semoga dari kelima program studi tersebut, salah satunya menjadi program studi yang akan kamu pelajari kelak, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: youthmanual.com, mec.co.id, futuready.com)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 1 hari yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 6 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©