Mengenal Lebih Dekat Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Apa itu jurusan Kesejahteraan Sosial‍? Jurusan Kesejahteraan Sosial adalah sebuah jurusan yang berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ilmu Kesejahteraan Sosial sendiri merupakan ilmu terapan yang mengkaji dan mengembangkan pemikiran dan metode untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Nggak banyak orang yang pernah mendengar soal jurusan ini. Saking jarangnya, banyak yang masih mengira jurusan ini sama dengan 'sepupu jauh'-nya yaitu, Sosiologi‍.

Nah, tapi bener nggak sih jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial itu mirip-mirip sama Sosiologi? Apa aja bakal yang dipelajari ketika kalian masuk jurusan ini? Simak penjelasannya, yuk!

Apa bedanya nih, Kesos sama Sosiologi?

Awalnya, Kesos emang merupakan turunan dari Sosiologi. Meski demikian, dalam perkembangannya kedua ilmu ini memiliki perbedaan signifikan.

Kesos sebagai ilmu terapan mempelajari cara dan langkah yang bisa langsung diaplikasikan dalam  menangani masalah sosial. Sementara itu, Sosiologi lebih fokus untuk mempelajari fenomena-fenomena sosial dengan menggunakan beragam teori sosial sebagai kerangka berpikirnya.

Simpelnya, anak Kesos adalah orang-orang yang terjun langsung ke lapangan dan mencari solusi atas problem masyarakat. Sementara anak Sosiologi lah yang mengkaji masalah tersebut dari sisi teori.

Apa aja sih yang bakal dipelajari kalau kita kuliah di Kesos?

Banyak banget! Kamu akan mempelajari langkah-langkah dan metode untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan mereka juga.

Persoalan kesejahteraan itu nggak hanya berhubungan dengan aspek ekonomi lho! Saat mendalami Kesos, kamu bakalan tahu bawa konsep sejahtera itu luas banget.

Selain peningkatan ekonomi, mahasiswa juga akan mempelajari aspek kesejahteraan lainnya, seperti kesehatan psikologis individu, hubungan interpersonal dengan keluarga dan lingkungan sosial, pemberdayaan komunitas, organisasi pelayanan masyarakat, tanggung jawab sosial perusahaan, hingga perancangan kebijakan sosial.  

Tunggu dulu, mahasiswa Kesos bakalan belajar soal psikologi juga? Yes, kamu nggak salah baca kok. Karena lingkup ilmunya yang luas banget, maka kalau jadi anak Kesos, kamu nggak cuma akan ahli dalam satu bidang aja, tapi juga di semua bidang yang berhubungan dengan usaha peningkatan kesejahteraan sosial individu maupun masyarakat. Istilah kerennya, kamu akan menjadi seorang general practitioner atau praktisi umum kesejahteraan sosial.

Sebagai gambaran, inilah beberapa kelas alias  mata kuliah di jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia‍:

  • Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial
  • Pengantar Psikologi bagi Kesejahteraan Sosial
  • Kesejahteraan Sosial dalam Masyarakat Multikultur
  • Teori Sosiologi bagi Kesejahteraan Sosial
  • Metode Intervensi Sosial
  • Kebijakan dan Perencanaan Sosial
  • Kesejahteraan Sosial dan Isu Lingkungan
  • Kesehatan Jiwa Berbasis Komunitas

Kuliahnya lebih banyak teori atau praktik?

Kalau kamu suka kegiatan outdoor dan berinteraksi langsung sama masyarakat, Kesos merupakan pilihan jurusan yang tepat. Di jurusan ini akan ada banyak banget kesempatan untuk turun langsung ke lapangan dan mempraktikkan teori yang dipelajari di kelas. Dalam perkuliahan, sisi praktik memang lebih ditekankan dibandingkan teori. Ini supaya mahasiswa Kesos punya pengalaman menangani masalah masyarakat.

Jadi, jangan kaget ya, jika mahasiswa Kesos menemui tugas kuliah yang mengharuskan dirinya untuk melakukan sebuah eksperimen. Misalnya, diminta berpura-pura alias roleplay menjadi gelandangan. Trus, kamu mesti tampil seperti gelandangan dan merasakan pengalaman di jalanan. Menantang abis!

Tujuan tugas seperti itu bukan untuk mengasah akting, lho, melainkan melatih kepekaan dan empati kamu—dua skill utama selama kamu menimba ilmu di jurusan ilmu Kesejahteraan Sosial. Faedah banget ‘kan?

Belum lagi praktik-praktik lainnya yang nggak kalah seru, seperti praktik pembuatan kebijakan sosial, pemasaran sosial, perancangan program pemberdayaan masyarakat, hingga evaluasi program. Dijamin, nggak ada yang namanya bosan duduk di kelas mendengarkan dosen mengoceh panjang lebar soal teori-teori abstrak yang sulit dimengerti, karena ilmu yang akan kamu dapatkan di jurusan ini dekat banget dengan keseharian.

Terus, gimana dengan prospek kerjanya?

Prospek kerja lulusan Kesos, tuh, luas banget lho. Mau kerja di perusahaan ternama? Bisa! Kamu bisa menjadi seorang spesialis Corporate Social Responsibility (CSR). Bidang ini banyak mengandalkan ilmu pemberdayaan sosial yang bakal kamu dapatkan di jurusan Kesos.

Mau kerja di lembaga pemerintahan? Ada Kementerian Sosial yang pastinya butuh banget lulusan Kesos yang sangat mengerti soal permasalahan sosial di masyarakat dan penanganannya.

Gimana dengan peluang kerja di luar negeri? Lembaga-lembaga internasional seperti PBB, Unicef, dan Save The Children tentunya mencari orang-orang dengan kompetensi dan skill advokasi sosial yang baik. Semua itu bakal kamu pelajarin secara mendalam di jurusan Kesejahteraan Sosial.

Kalau gitu, jurusan ini ada di perguruan tinggi apa aja ya?

Saat ini, sudah cukup banyak universitas yang menyediakan jurusan ilmu Kesejahteraan Sosial dengan reputasi baik, di antaranya adalah yang mendapat akreditasi A dari BAN-PT berikut ini:

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Padjadjaran‍ 

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta‍ 

4. Universitas Muhammadiyah Jakarta

5. Universitas Muhammadiyah Malang

6. Universitas Sumatera Utara‍ 

7. Universitas Pasundan

Walau sama-sama berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, gelar yang didapatkan dari prodi Kesos bisa bervariasi. Di UI, misalnya, gelar lulusannya adalah Sarjana Kesos (S.Kesos), sementara di Unpad dan beberapa universitas lainnya gelar yang akan diperoleh adalah Sarjana Sosial (S.Sos).

Gimana, tertarik untuk masuk Kesos?

***

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Baca selengkapnya di sini

Baca Juga: 

 

(sumber gambar: http://www.huffingtonpost.com, https://www.unicefusa.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1