6 Cara Mengisi Waktu Luang Buat Kamu yang Lagi Menunggu Wisuda

Habis skripsian ngapain, gaes? Yaps, bener! Wisuda.

Momen ini adalah hal yang paling dinanti oleh semua mahasiswa. Eitss, tapi biiasanya ada jarak waktu ketika kamu telah selesai skripsian sembari menunggu wisuda—mulai dari revisian, mengurus berkas untuk yudisium, acara yudisium dan hari H-nya a.k.a wisuda.

Waktu inilah dimana mahasiswa pada akhirnya nganggur karena sudah nggak ada urusan lagi di kampus dan tinggal menunggu wisuda. Kebanyakan mahasiswa akan bingung dalam menghabiskan waktu luangnya tersebut.

Nah, sambil menunggu acara wisuda datang. Kira-kira hal-hal apa, ya, yang bisa kamu lakukan? Yuk, cari tahu disini!

1. Membereskan berkas-berkas skripsi yang berantakan di kamar

Selain perpustakaan, kamar adalah salah satu tempat di mana kamu melakukan pertarungan dan perjuangan (ceilah) untuk menuntaskan skripsi. Mulai dari baca materi, mengetik, sampai cari jurnal penelitian.

Tentunya kamar kamu jadi berantakan banget dan kamu nggak ada waktu buat beresin buku-buku yang berserakan di atas kasur atau tumpukan kertas yang menggunung di sudut-sudut kamar.

Nah, inilah waktu yang tepat untuk membereskan semuanya. Kalau kamu bingung mulai dari mana bersihinnya. Pertama, kamu bisa memulainya dengan menyisihkan kertas-kertas bekas revisian untuk didaur ulang atau dijual ke tukang rombeng.

Kedua, masukkan kembali buku-bukumu yang sudah nggak kepakai lagi di lemari atau kardus. Trus, kamu juga bisa nyumbangin buku-buku tadi itu ke perpustakaan jurusan/fakultas/universitas. Selain membuat kamar jadi bersih dan nyaman kembali! Kamu bisa ngasih manfaat ke teman-teman lain lewat buku itu, deh.

2. Perbaiki pola tidur dan olahraga

pola tidur

Bangun tidur, pegang skripsi. Siang hari pegang skripsi, begadang hingga pagi lagi untuk kerjakan skripsi.

Yaps, itulah yang terjadi saat kita sedang skripsian, gaes. Kalau kamu mau lulus cepat dan berkualitas, tiada hari tanpa menyentuh skripsi. Jangankan, olahraga pagi. Bantuin orang tua di rumah aja juga jarang dilakukan karena waktunya dimanfaatkan untuk cari bahan skripsi.

Otomatis, pola tidur kamu jadi nggak teratur dan berantakan. Kamu jadi lesu dan gampang capek karena kurang tidur dan olahraga.

Anyway, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai membenahi pola tidurmu. Kamu bisa tidur lebih awal, sehinnga kamu akan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Kamu juga punya waktu untuk melakukan olahraga pagi yang selama ini nggak bisa dilakukan dan bakalan sempat membantu orang tua di rumah.

3. Melakukan hobi

Nggak bisa dipungkiri, selama proses mengerjakan skripsi, hampir seluruh waktu mahasiswa itu dihabiskan untuk mencari jurnal, membaca materi mengenai skripsi yang dibuat, ngerjain revisian, dan lain sebagainya.

Saking sibuknya, kamu bahkan nggak sempat melakukan hal yang kamu inginkan. Misalnya, keinginan untuk melakukan hobimu yang sudah lama ada, terpaksa harus dipendam dulu karena skripsian ini.

Berhubung sekarang sudah selesai dan tinggal menunggu waktu wisuda aja, kamu bisa melakukan hobimu. Mau memasaka, melukis, berenang, atau menjahit. Puas-puasin aja, lakukan apapun yang menjadi hobimu, sebelum kamu memasuki dunia pekerjaan nantinya!

4. Meluangkan waktu untuk ngobrol bareng keluarga atau sahabat

with family

Nggak cuma hobi aja yang terlupakan, gaes. Mungkin selama pengerjaan skripsi, kamu lebih sering bolak balik kampus untuk berinteraksi dengan dosen pembimbing. Entah itu untuk konsultasi mengenai skripsi atau diskusi tentang materi. Alhasil, bikin komunikasi kamu dengan keluarga atau sahabat jadi berkurang, ‘kan?  

Well, ini adalah saat yang tepat untuk lebih sering berinteraksi dengan keluarga—menanyakan kabar, curhat atau ngobrol mengenai aktivitas dalam sehari yang dijalani oleh mereka. Mau ketemuan sama sahabat jaman SMA atau gebetan? Boleh banget kamu lakukan, kok. Hihihi.

5. Travelling

Fyi, waktu menunggu jadwal wisuda ini sebenarnya adalah waktu untuk merilekskan dirimu dulu dari hal-hal mengenai skripsi dan hal-hal yang akan kamu hadapi setelah wisuda nanti. Jadi, nggak ada salahnya kalau kamu bisa ngasih reward ke dirimu sendiri dalam bentuk travelling ini.

Psst, nanti kalau sudah masuk kerja, kamu nggak bisa melakukan traveling seenaknya lagi, lho!

Oyaa, kalau kamu nggak punya uang nggak perlu paksain untuk travelling ke luar negeri, sih. Cukup di kota-kota sekitarmu atau tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi atau bisa juga backpacker-an. Tapi, nggak usah dibikin ribet dan susah juga, gaes. Sesuaikan dengan kondisimu.

5. Mulai mencari informasi lowongan pekerjaan

find job

Meski kamu diperbolehkan untuk bersantai-santai sejenak. Ada baiknya kalau kamu mulai mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan. Kamu bisa mencarinya di internet atau ikutan job fair.

Mulailah dari hal sederhana, seperti menyiapkan CV yang akan digunakan untuk melamar kerja. Atau kamu juga bisa mencoba lamar kerja jadi freelance writer, desain, dan lain-lain.

Kalau sudah dapat pekerjaan meskipun freelance, siapa yang tahu, ‘kan, setelah wisuda nanti kamu bisa langsung punya pekerjaan tetap yang kamu inginkan.

***

Itulah 6 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang selama menanti jadwal wisuda. Intinya, usahakan untuk membuat setiap waktu yang kamu punya itu nggak terbuang sia-sia, termasuk ketika nganggur sambil menunggu wisuda, ya, gaes!

 

Baca juga:

 

 

(Sumber gambar: lifehacker.com, australiascience.tv, guideposts.org, bangkokbaba.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1