10 Pengaruh Olahraga Bagi Mental, Kepribadian, dan Pengembangan Diri!

Perhatikan, deh, teman-teman kamu yang aktif di ekskul dan UKM olahraga. Maksudnya, yang benar-benar getol latihan dan bertanding, ya. Bukan yang cuma hobi pakai sneakers keren, trus ngeceng di pinggir lapangan!

Kemungkinan besar, mereka punya sikap, perilaku, dan kepribadian yang lebih positif, akibat rutin latihan fisik. Yup, nggak cuma baik bagi kesehatan, aktif di bidang olahraga—terutama olahraga kompetisi—juga memberi pengaruh positif bagi kepribadian dan pengembangan diri, lho!

Apa aja, sih, yang bisa didapat dengan berolahraga?

1. Keberanian. Nggak hanya performance art dan debat, kegiatan olahraga juga bisa mendorong seseorang jadi lebih berani. Baik berani menunjukkan kemampuan, berani menghadapi lawan, maupun berani tampil di hadapan penonton.

2. Percaya diri. Menurut situs Health Line, olahraga teratur juga membuat seseorang lebih pede dan feel good about themselves. Hal ini biasanya akan "terpancar" ke sisi luar diri mereka juga.

Makanya, ada orang yang penampilan fisiknya biasa aja, tetapi karena suka olahraga jadi kelihatan kece dan menarik, terutama saat beraksi di lapangan.

atlet remaja

3. Pantang menyerah. Olahraga juga bikin kamu punya sikap pantang menyerah. Nggak heran, lah, karena untuk benar-benar menguasai skill olahraga 'kan butuh waktu dan usaha ekstra. Kalau kamu cepat menyerah, pasti nggak akan bisa. Belum lagi kalau kamu sedang sparring atau tanding. Kamu harus tetap semangat meskipun poinnya tertinggal.

4. Siap mengambil keputusan dan risikonya. "Lebih baik mengoper bola ke teman, atau coba cetak poin sendiri, ya? Lebih baik lari terus, atau bertahan di base, ya?"

Olahragawan selalu dihadapkan dengan pilihan-pilihan di mana dia harus membuat keputusan dan berani menghadapi konsekuensinya. Hal ini juga melatih kamu unuk nggak takut salah langkah. Sebab ketakutan demikian yang justru menghalangi langkahmu.

5. Meningkatkan konsentrasi. Situs Health Line pun menyebutkan bahwa olahraga membuat kamu lebih konsentrasi.

Sebab dengan berolahraga, fokus dan kemampuan kamu untuk menganalisa serta mengambil tindakan dengan cepat juga terlatih.

6. Siap berkompetisi. Ada, lho, orang yang nggak nyaman dengan kompetisi. Padahal kompetisi nggak bisa dihindari dalam hidup. Kayak saat daftar kuliah, tes beasiswa, masuk kerja, hingga mengerjakan proposal proyek. Nah, orang yang aktif di kegiatan olahraga, pasti terbiasa berkompetisi.

kompetisi olahraga

7. Sportif. Kalah atau menang, nggak masalah. Yang penting bermain bersih dan jujur.                                                                  

8. Kuat mental saat menghadapi situasi yang bikin drop, seperti disorakin penonton, main di sekolah/kampus orang lain, ataupun menghadapi kekalahan. 

9. Kompak. Olahraga dalam tim membangun rasa kompak, kebersamaan, dan kepercayaan.

Kamu juga jadi belajar untuk tampil bersama, menahan ego dan nggak menang sendiri.

Jika anggota tim ada yang ingin menonjol sendiri, pasti performa tim jadi kacau balau. Sebaliknya, kalau tim kompak dan saling mendukung, mereka bakal unggul.

kompak

10. Kemampuan leadership. Karena terbiasa bekerja sama dalam tim, menurut penelitian yang disebutkan Health Line, kegiatan olahraga berkorelasi positif dengan kemampuan kepemimpinan.

(sumber gambar: chron.com, wilberforce.ac.uk, playbuzz.com, cnn.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 19 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1