Menu

50 Beasiswa S1 Dalam Negeri Terpopuler (Bagian 2)

Udah baca artikel Youthmanual tentang beasiswa S1 dalam negeri terpopuler minggu lalu? Kalo udah, berarti udah pada nemu beasiswa inceran yang kriteria dan persyaratannya paling “sreg” di hati belum, nih?

Hah? Belum?

Jangan khawatir! Nyari beasiswa idaman emang susah-susah gampang kayak nyari jodoh. Nah, Kalau di edisi kemaren cuma ada beasiswa dari lembaga dan ikatan dinas, maka kali ini Youthmanual merangkum puluhan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah daerah serta perguruan tinggi ternama. Mudah-mudahan ada yang cocok, ya!

Beasiswa Pemerintah Daerah (Pemda)

Beberapa pemerintah daerah secara sukarela memberikan dana bantuan studi sebagai salah satu program kerja pada kamu-kamu yang tentunya berdomisili di wilayahnya. Selain faktor domisili yang menjadi syarat utama, kriteria calon penerima beasiswanya diatur oleh masing-masing Pemerintah Daerah (Pemda).

Beberapa beasiswa yang bersumber dari Pemda diantaranya:

26. Beasiswa DKI Jakarta

1

Yayasan Beasiswa Jakarta dibentuk oleh Pemerintah Kotapraja Jakarta Raya berdasarkan Peraturan Dewan Perwakilan Kota Sementara Jakarta Raya tanggal 18 Januari 1952. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan dana hingga selesai pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan saat melakukan pendaftaran. Wow!

27. Beasiswa Pemprov Jawa Barat

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyelenggarakan beasiswa bagi mahasiswa asal Jawa Barat yang sedang menempuh pendidikan di berbagai Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Karena pendafaran beasiswa ini belum bisa dilakukan secara online, kamu bisa cek informasi mengenai beasiswa ini lebih lanjut ke bagian kemahasiswaan Perguruan Tinggi kamu.

28. Beasiswa Kamltim Cemerlang

Misi pembangunan Kalimantan Timur 2013 - 2018 yang pertama adalah mewujudkan kualitas sumber daya manusia Kaltim yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Maka dari itu, Pemda menyediakan bantuan dana bagi lulusan SMA/sederajat di Kalimantan Timur yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

29. Beasiswa Pemerintah Aceh

Tahun 2017 ini adalah tahu ke-4 LPSDM Aceh membuka Beasiswa Program Jalur Miskin bagi siswa/siswi tamatan SMA, MA dan SMK atau yang sederajat dalam rangka upaya peningkatan percepatan sumber daya manusia Aceh. Informasi lebih lanjut bisa kamu peroleh dengan menghubungi Kantor Bupati/Walikota Bidang Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat (BIRO ISRA) pada masing-masing Kabupaten/Kota, ya!

30. Beasiswa Pemkab Kutai Kartanegara

Beasiswa dari Pemda satu ini bisa dibilang beasiswa yang paling tepat guna. Soalnya, alih-alih hanya menyediakan biaya, Pemda Kutai Kartanegara menspesifikkan jenis beasiswa menjadi beasiswa tugas akhir, beasiswa prestasi akademik, sampai beasiswa profesi. Jadi, calon penerima bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dana studi yang ingin ditanggung.

31. Beasiswa Pemprov Sulawesi Selatan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan juga nggak kalah kece dengan menyediakan program beasiswa berkuota kurang lebih 2000 penerima yang berupa lulusan SMA/sederajat domisili Sulawesi Selatan. Tentunya beasiswa ini ditujukan kepada calon mahasiswa berprestasi yang kurang mampu. Untuk info lebih lengkapnya, kamu bisa menanyakan ke bagian kemahasiswaan perguruan tinggi di Sulawesi Selatan yang bekerjasama dengan Pemprov.

Beasiswa Perguruan Tinggi

32. Beasiswa Universitas Indonesia

2

Universitas Indonesia menyediakan 2 kategori beasiswa untuk para mahasiswanya, yaitu beasiswa universitas dan beasiswa sponsor. Bentuk beasiswa dari universitas sendiri berupa keringanan penetapan BOP-B dan beasiswa kerja paruh waktu bagi mahasiswa yang ingin bekerja di berbagai unit kerja yang ada di lingkungan univesitas. Serunya, beasiswa universitas ini nggak pandang status ekonomi!

33. Beasiswa Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya menyediakan banyaaak banget beasiswa yang bersumber dari sponsor, baik untuk para mahasiswanya yang kurang mampu maupun yang berprestasi. Tapi, Universitas Brawijaya memiliki beasiswa khusus dari ikatan alumni, yaitu beasiswa Ikatan Keluarga Brawijaya Sangatta (IKBS) yang diselenggarakan dalam tahun akademik tertentu.

34. Beasiswa Universitas Udayana

Di Universitas Udayana, ada 2 jenis beasiswa universitas yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswanya untuk membayar tanggungan UKT, yaitu beasiswa Prof. Ida Bagus Mantra dan beasiswa Prof. Dr. I Goesti Gde Ngoerah. Bedanya, jika beasiswa yang pertama dikhususkan untuk mahasiswa yang kurang mampu, beasiswa yang kedua juga mensyaratkan mahasiswanya untuk memiliki prestasi akademik tertentu selama sama SMA.

35. Beasiswa Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin dikenal dengan beasiswanya yang berlimpah. Beasiswa yang ditawarkan pun kebanyakan berasal dari sponsor, sehingga para mahasiswa bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mendatangi langsung Bagian Kesejahteraan Mahasiswa Biro Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin.

36. Beasiswa Institut Teknologi Bandung

3

Meskipun nggak bersumber langsung dari pihak perguruan tingginya, ITB menawarkan program beasiswa yang nggak kalah kece. Diantaranya ada Beasiswa Yayasan alumni G83 dan Beasiswa CS Leaders untuk mahasiswa prodi Teknik Informatika. Info lebih lanjut bisa kamu dapatkan dari loket beasiswa Lembaga Kemahasiswaan ITB.

37. Beasiswa Unggulan Universitas Islam Indonesia

Secara garis besar, UII memiliki 3 program beasiswa utama, yaitu Beasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII yang menawarkan beasiswa penuh dan tidak penuh, Beasiswa Hafiz Al Quran bagi yang mampung menghafal juz Al Quran dengan jumlah yang dipersyaratkan, dan Beasiswa Unggulan UII yang menanggung biaya studi selama satu tahun bagi para mahasiswanyanya.

38. Beasiswa Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan merupakan salah satu universitas swasta unggulan di Indonesia yang menawarkan program beasiswa S1 sesuai dengan kebutuhan para calon mahasiswanya. Nggak cuma beasiswa untuk mahasiswa yang memiliki prestasi akademik atau keterbatasan ekonomi, tapi mereka yang memiliki prestasi olahraga dan kesenian juga bisa mendaftarkan diri, lho!

39. Beasiswa Institut Teknologi Harapan Bangsa

Mahasiswa ITHB yang berprestasi akademik gemilang dan memiliki masalah keuangan berhak mendapatkan Beasiswa Penuh dari Yayasan. Selain itu, juga ada beasiswa rektor berupa potongan biaya kuliah untuk memacu prestasi akademik, pinjaman mahasiswa, beasiswa atlet, beasiswa putra-putri rohaniawan dan guru, serta beasiswa Gerakan Gereja Belajar (GGB) untuk calon mahasiswa yang juga anggota gereja dengan cakupan biaya 100%. Wah!

40. Beasiswa Universitas Bina Nusantara

Di Universitas Binus, seleksi calon penerima beasiswa biasanya dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran dan seleksi calon mahasiswa baru, yaitu pada bulan Agustus hingga Oktober. Program beasiswa yang ditawarkan sendiri terdiri dari Beasiswa Binus untuk mahasiswa berprestasi yang jurang mampu, dan The Widia Scholarship for Outstanding Achievers untuk mahasiswa yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.

41. Beasiswa Prasetya Mulya

Prasetya Mulya menyediakan berbagai jenis beasiswa untuk para mahasiswanya, mulai dari Bakti Indonesia Scholarship, Jalur Prestasi STEM, Young Scholar Indonesia, Teruna Indonesia, dan Teruna Indonesia Timur. Semua bisa dimanfaat oleh para mahasiswa Prasetya Mulya tergantung dengan kemampuan ekonomi, pencapaian prestasi, dan region domisili calon pendaftar. Asik!

42. Beasiswa Universitas Bakrie

4

Universitas Bakrie memberi kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang S1 melalui Program Beasiswa Jalur Khusus Rapor tanpa ujian saringan masuk. Program beasiswa ini terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Beasiswa Unggulan (beasiswa penuh), Beasiswa Gemilang (bebas SPP dan BPP), dan Beasiswa Cemerlang (bebas SPP saja).

43. Beasiswa Universitas Tarumanagara

Yayasan Tarumanagara menawarkan beasiswa pada mahasiswa berprestasi setiap tahunnya. Ada beasiswa Jalur Prestasi Unggulan (JPU) untuk calon mahasiswa yang berprestasi dan berkelakuan baik agar dapat mengembangkan dirinya, dan beasiswa Jalur Penelusuran Prestasi (JPP) untuk calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang stabil dan gemilang selama di bangku sekolah.

44. Beasiswa Universitas Katolik Parahyangan

Yayasan Univerirsitas Katolik Parahyangan berkomitmen untuk memberikan bantuan pembiayaan studi bagi calon mahasiswanya. Kini, tersedia berbagai beasiswa yang dapat diajukan oleh mahasiswa Unpar mulai dari semester pertama sampai semester akhir seperti beasiswa Mahasiswa Baru (baik untuk D3 dan S1), beasiswa bagi anak pegawai UNPAR, dan beasiswa untuk mahasiswa peraih prestasi ko dan ekstrakurikuler.

45. Beasiswa Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra nggak cuma menyediakan satu jenis beasiswa untuk memenuhi berbagai tanggungan biaya para mahasiswanya, lho. Mulai dari beasiswa Kawasan Timur Indonesia (KTI), beasiswa Olahragawan, beasiswa Ekonomi Lemah, beasiswa Putra-Putri Pendeta, sampai beasiswa Putra-Putri Pegawai—semua bisa dinikmati oleh para calon mahasiswa Universitas Kristen Petra sesuai kriteria dan kebutuhannya.

46. Beasiswa President University

Perguruan tinggi yang terletak di Kota Jababeka ini memiliki 3 program beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswanya. Ada Jababeka Scholarsip, yaitu program beasiswa dengan jalur tes; Academic Scholarship, yaitu program beasiswa dengan prestasi akademik; dan Bright Scholarship, yaitu program beasiswa dengan nilai rapor.

47. Beasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia

Tertarik belajar di Universitas Al-Azhar? Perguruan tinggi satu ini menawarkan berbagai beasiswa untuk yang ingin mendapatkan bantuan dana sekaligus pengalaman dalam dunia kerja seperti beasiswa Korporat Univeristas Al-Azhar Indonesia, beasiswa Mahasiswa Kerja, sampai beasiswa Mahasiswa Honorer.

48. Beasiswa Telkom University

5

Selain menerima calon mahasiswa melalui program beasiswa Bidikmisi, Telkom University juga menyediakan program beasiswa lainnya untuk para mahasiswanya, yaitu Beasiswa Unggulan untuk para lulusan SMA/sederajat yang berhasil lulus tes saringan masuk tertulis, Beasiswa Pintar yang meringankan biaya UP3, dan Beasiswa Alumni untuk alumni Telkom University yang ingin mengambil kuliah ekstensi atau ke jenjang S2.

49. Beasiswa Universitas Surabaya

Bentuk-bentuk beasiswa yang disediakan oleh UBAYA antara lain Beasiswa Prestasi (dari hasil ujian saringan masuk), Beasiswa Prestasi Kurikuler, Beasiswa Prestasi Aktivis, Beasiswa Prestasi Olahraga dan Seni, Beasiswa Simpati untuk yang memiliki kendala keuangan, Beasiswa Putra-Putri Karyawan Tetap UBAYA, dan Beasiswa Student’s Grant.

50. Beasiswa Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana Jakarta memberikan bantuan dana untuk calon mahasiswanya yang kurang mampu namun berprestasi dengan program beasiswa Prestasi Bakat Minat (BPM) dan Beasiswa Unggulan. Beasiswa BPM merupakan potonga biaya kuliah hingga 100% dengan menempuh jalur prestasi di bidang seni, olahraga, atau bahasa sing, sedangkan Beasiswa unggulan memberikan pembiayaan penuh selama 8 semester masa pendidikan jika memiliki nilai rata-rata rapor minimal 8,0.

***

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, dan kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Eksplorasi ribuan informasi program studi, karier dan profesi, dan kampus selengkapnya di sini.

Baca juga:

(sumber gambar: financialaid.ucsc.edu, uinjkt.ac.id, beasiswa.ui.ac.id, g83itb.org, blogspot.com)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©