25 Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPS

Jurusan kuliah terbaik untuk anak IPS apa aja, sih?

Mungkin kamu lagi bingung memilih jurusan yang pas buat kamu saking banyaknya jurusan yang ada di dunia ini. Youthmanual paham banget kok, apalagi kalau kamu adalah anak kelas 12. Masa-masa kelas 12 emang masa-masanya galau buat banyak anak SMA. Iya, galau jurusan maksudnya.

Nah, apakah kamu termasuk golongan yang lagi galau mau ngelanjutin kuliah jurusan apa? Kalau iya, nih, Youthmanual kasih bocoran 25 pilihan jurusan kuliah terbaik untuk anak IPS. Cekidot!

1. Ilmu Komunikasi‍ 

jurusan terbaik untuk anak ips komunikasi

Meski namanya ilmu komunikasi, di jurusan ini kamu nggak cuma belajar cara ngobrol dengan orang lho! Pelajaran-pelajaran seru kayak public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, dan film juga dipelajari dalam jurusan ini. Pokoknya, kamu akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK, Sosiologi

Prospek kerja jurusan ini: Public relation officer, Spesialis Hubungan Masyarakat‍,  Manajer Layanan Sosial dan Komunitas‍ 

2. Hubungan Internasional‍ 

Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan yang prestisius. Para mahasiswanya mempelajari segala sesuatu yag berhubungan dengan aktivitas interaksi yang melintasi batas antar negara, kayak seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: PPKN

Prospek kerja jurusan ini: Diplomat‍,  Konsultan Politik‍,  wartawan internasional, Konsultan Imigrasi‍ 

3. Psikologi‍ 

Jurusan Psikologi mempelajari tentang  mental, pikiran, dan perilaku manusia. Jurusan ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan kita, mulai dari pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Sosiologi

Prospek kerja jurusan ini: Psikolog Konseling‍, Psikolog Klinis ‍, Psikolog Organisasi Industri‍, Terapis Pernikahan dan Keluarga (Marriage and Family Therapists)‍   

4. Administrasi Bisnis‍ 

jurusan terbaik untuk anak ips administrasi niaga

Jurusan yang juga dikenal dengan nama Administrasi Niaga ini mempelajari tentang administrasi secara umum serta tentang manajemen pekerjaan klarikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, serta proses data secara akurat demi mendukung sebuah usaha bisnis agar efektif dan efisien.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK

Prospek kerja jurusan ini: Agen Pembelian (Tidak Termasuk Grosir, Retail dan Produk Pertanian) ‍,  Administrasi, Sekretaris Eksekutif‍,  Manajer Produksi Industri‍ 

5. Administrasi Fiskal‍ 

Para mahasiswa jurusan Administrasi Fiskal mempelajari seluk beluk pengelolaan sumber kekayaan dan keuangan negara, terutama sektor pajak. Jurusan ini punya beberapa spesialisasi studi yaitu: dasar-dasar perpajakan, kebijakan fiskal, Pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan keuangan negara

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Ekonomi

Prospek kerja jurusan ini: Pengawas Imigrasi dan Bea Cukai‍ , Ahli Perencanaan Pajak‍, Pegawai Pajak/ Pegawai Persiapan Pajak‍  

6. Ekonomi Pembangunan‍ 

Ekonomi pembangunan adalah bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi

Prospek kerja jurusan ini: perencana keuangan, Ekonom‍, Pengajar Ekonomi‍,  pembuat kebijakan pembangunan

7. Akuntansi‍ 

jurusan akuntansi terbaik untuk anak ips

Akuntansi adalah salah satu program/jurusan kuliah tertua yang mempelajari tentang perihal keuangan seperti prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, serta standar profesional dan etika.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Akuntansi

Prospek kerja jurusan ini: Akuntan ‍,  Pemeriksa Keuangan ‍,  Manajer Keuangan‍ 

8. Perpajakan‍ 

Jurusan Perpajakan mempelajari bidang perpajakan dari segala macam perspektif, dari sisi hukum, ekonomi, dan akuntansi. Nantinya, lulusan perpajakan diharapkan mampu menyusun laporan pajak sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan. Mereka juga harus bisa menyelesaikan masalah administrasi perpajakan, dan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang berlaku.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Matematika, Ekonomi

Prospek kerja jurusan ini: Konsultan Bea Cukai‍,  Penilai (Pajak dan Keuangan)‍, Ahli Perencanaan Pajak‍ ‍  

9. Manajemen Perhotelan‍ 

Jurusan Manajemen Perhotelan adalah sebuah jurusan yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu perhotelan atau hospitality. Di jurusan ini kamu bakal mempelajari segala pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi, tata boga, jasa boga, dan jasa lainnya dalam bidang perhotelan.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Akuntansi, Bahasa Inggris

Prospek kerja jurusan ini: Perencana Meeting, Convention dan Acara‍ (MICE), Manajer Layanan Makanan (Food Service Managers)‍,  Manajer Penginapan (Lodging Managers)‍,  Chef dan Kepala Koki (Chef and Head Cook)‍ 

10. Manajemen Perbankan‍ 

jurusan manajemen perbankan terbaik untuk anak ips

Jurusan ini berujuan untuk menghasilkan lulusan yang terampil menangani aktivitas operasional perbankan yang mencakup pekerjaan teller, customer services, karyawan pembukuan unit giro, tabungan dan deposito, juga produk perbankan lainnya.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Akuntansi, Ekonomi, Matematika

Prospek kerja jurusan ini: Analis Kredit ‍,  Analis Keuangan ‍,  Credit Control Manager‍ 

11. Manajemen Pariwisata‍ 

Jurusan Manajemen Pariwisata mempelajari konsep penawaran dan permintaan pariwisata beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sementara itu, bidang-bidang khusus yang dipelajari dalam jurusan ini adalah mengenai pembangunan dan pengembangan pariwisata, peningkatan kualitas sumber daya pariwisata, pengembangan atraksi wisata yang menampilkan budaya lokal, serta pelayanan kepada wisatawan.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Bahasa Inggris, Ekonomi

Prospek kerja jurusan ini: Pemandu Tur‍, Pemandu Wisata‍, Agen Perjalanan‍ 

12. Fashion Bisnis‍ 

Buat kamu yang suka fashion dan bercita-cita punya bisnis di bidang itu, jurusan ini adalah jurusan yang tepat buat kamu. Program studi Fashion bisnis mempelajari bagaimana mengatur bisnis dalam dunia fashion dan perilaku konsumen pada Trend fashion saat ini.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Ekonomi, Seni Budaya

Prospek kerja jurusan ini: Visual Merchandiser‍,  Wirausaha Fashion, Fashion Stylist‍ 

13. Kesejahteraan Sosial‍ 

jurusan kesejahteraan sosial terbaik untuk anak ips

Punya jiwa sosial tinggi? Jurusan kesejahteraan sosial mungkin cocok untukmu. Jurusan ini merupakan sebuah jurusan yang mengkaji dan mengembangkan pemikiran dan metode untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.  Di jurusan ini kamu akan mempelajari langkah-langkah dan metode untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan mereka juga.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Sosiologi

Prospek kerja jurusan ini: Corporate Social Responsibility (CSR) officer, Manajer Layanan Sosial dan Komunitas‍,  Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja ‍ 

14. Sastra Inggris‍ 

Di jurusan sastra inggris, kamu bisa mempelajari tentang isi, ciri omputer, estetika, keaslian, serta keindahan isi dalam teks atau tulisan karya sastra Inggris. Kamu akan mempelajari berbagai karya tulis baik dalam bentuk novel, naskah drama, atau puisi yang pasti ditulis dalam bahasa Inggris. Selain itu kamu juga akan mempelajari omputern bahasa Inggris secara lebih mendalam.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Bahasa Inggris

Prospek kerja jurusan ini: Editor (Artikel/Tulisan)‍,  Novelis‍, Content Writer‍, Wartawan‍ 

15. Desain Komunikasi Visual‍ 

Jurusan ini mengajak para mahasiswanya untuk mempelajari seni menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa (desain) untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mempengaruhi omput atau penerima pesan.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Seni Budaya, TIK

Prospek kerja jurusan ini: Desainer Grafis‍,  Animator dan Seniman Multimedia‍,  Desainer Produk Komersial dan Industri

16. Tata Rias dan Kecantikan‍ 

jurusan tata rias terbaik untuk anak ips

Jurusan ini mempelajari teknik tata rias baik Indonesia maupun internasional. Kurikulumnya mencakup cara-cara dalam menyanggul, menata rambut, memotong rambut, merias wajah menggunakan bahan dan alat kosmetika.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Seni Budaya

Prospek kerja jurusan ini: Make Up Artist‍, Juru Rias Pengantin‍, Konsultan Kecantikan (Beauty Consultant)‍  

 17. Tata Busana (Fashion Design)‍ 

Dikenal juga sebagai jurusan fashion design, jurusan ini mempelajari soal produksi, mendesain, belajar membuat pola, menjahit, mengenali seluk-beluk kain, dan penggunaan kain tersebut untuk fesyen. Selain itu, para mahasiswa fashion design juga diajarkan mengenai perhitungan bisnis di bidang fashion lho.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Seni Budaya

Prospek kerja jurusan ini: Fashion Designer‍, Fashion Stylist‍  

18. Penyiaran (Broadcasting)‍ 

Broadcasting atau penyiaran merupakan salahsatu cabang dari ilmu komunikasi, khususnya jurnalistik. Apa yang dipelajari di jurusan ini tentang proses menciptakan dan mengemas suatu ide menjadi program untuk di produksi dan disiarkan pada khalayak lewat media massa.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: TIK, Bahasa Inggris

Prospek kerja jurusan ini: Penyiar Berita ‍‍‍, Sutradara‍, Penyiar Televisi/Presenter/Pembawa Acara‍ 

19. Pendikan Pramugari/Pramugara‍ 

pendidikan pramugari

Kalau kamu suka travelling ke luar kota dan luar negeri, coba deh melanjutkan pendidikan ke jurusan pendidikan pramugari/pramugara. Jurusan ini bakal mempersiapkan kamu sebaik mungkin untuk menjadi pramugari omputernal pada perusahaan jasa penerbangan dalam taraf nasional dan internasional.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Bahasa Asing

Prospek kerja jurusan ini: Kru Kabin (Pramugari/Pramugara)‍ 

20. Hukum‍ 

Pada jurusan Ilmu Hukum, para mahasiswa mempelajari segala sesuatu tentang hukum baik praktek ataupun teorinya. Apabila kamu punya kepedulian terhadap hukum di Indonesia, maka Program Studi Ilmu Hukum bisa menjadi pilihan yang tepat.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: PPKN

Prospek kerja jurusan ini: Pengacara‍, Sekretaris Legal‍, Asisten Legal dan Paralegal‍   

21. Kriminologi‍ 

Apabila kamu mempunyai keprihatinan terhadap meningkatnya angka kejahatan, dan kamu punya keinginan besar untuk memberikan solusi, maka jurusan kriminologi bisa menjadi pilihan paling ideal buat kamu. Jurusan ini bakal mempelajari soal seluk beluk tindak kriminal dalam lingkup nasional maupun internasional secara empiris.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Sosiologi

Prospek kerja jurusan ini: Detektif dan Investigator Swasta‍,  Analis Intelijen ‍, Pegawai Identifikasi dan Rekam Jejak Kepolisian‍ 

22. Sosiologi‍ 

jurusan sosiologi

Interaksi yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lain menjadi fokus utama yang dipelajari oleh para mahasiswa Jurusan Sosiologi. Hal ini karena interaksi itu sendiri bentuknya beragam dan  akan punya pengaruh langsung terhadap kondisi masyarakat.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Sosiologi

Prospek kerja jurusan ini: Peneliti Sosial, Sosiolog‍, Spesialis Media Sosial‍ 

23. Ilmu Politik‍ 

Jurusan yang menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini membekali para mahasiswanya teori dan praktik politik. Para mahasiswanya diharapkan untuk bisa melakukan riset dan bersikap kritis dalam menganalisa setiap fenomena dunia yang mempengaruhi dinamika struktur politik suatu negara.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: PPKN, Sosiologi

Prospek kerja jurusan ini: Konsultan Politik‍,  anggota parlemen, politikus, Peneliti Politik‍ 

24. Manajemen Pemasaran‍ 

Di jurusan ini kamu bakal mempelajari bagaimana cara mengelola proses dan kegiatan pemasaran barang dan jasa, pengembangan konsumen, dan menggerakan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen. Kamu juga akan mempelajari soal perilaku dan dinamika konsumen, prinsip riset pemasaran, analisa permintaan, pemahaman biaya-volume dan profit, teori harga, kampanye pemasaran, dan masih banyak lagi.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Ekonomi

Prospek kerja jurusan ini: Analis Pemasaran‍,  Konsultan Pemasaran Digital‍,  Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran ‍ 

25. Manajemen Pendidikan‍ 

jurusan manajemen pendidikan

Jurusan ini bertujuan mencetak para lulusan yang menguasai bidang perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan proses dan infrastruktur pendidikan supaya berjalan dengan baik. Maka itu, para mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan akan mempelajari kebijakan pendidikan, manajemen dan pengembangan SDM, teknologi informasi, dan pengembangan kurikulum.

Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Ekonomi, Sosiologi

Prospek kerja jurusan ini: Dosen (Secara umum)‍, Konselor Edukasi, Pengarahan, Sekolah dan Vokasi‍ 

***

Youthmanual telah mengumpulkan ribuan informasi seputar profesi, program studi, kampus unggulan, serta panduan persiapan kuliah yang komprehensif dalam laman Eksplorasi. Baca selengkapnya di sini

Baca juga:

(sumber gambar: theodysseyonline.com, lynda.com. inovasee.com, allure.com, litmos.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 4 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1