5 Pilihan Jurusan Kuliah Seru yang Bisa Kamu Ambil Di Bidang MIPA

Bidang MIPA bisa dibilang selalu menjadi bidang favorit bagi kamu-kamu yang menyenangi pelajaran eksak selama sekolah. Wih, calon-calon peneliti semua, nih!

Akan tetapi, banyak yang masih nggak paham kalau jurusan bidang MIPA ternyata nggak cuma sekadar Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia aja. Berkat perkembangan zaman dan teknologi, kini cabangan bidang MIPA udah beragam banget, lho. Dan yang pasti prospeknya juga nggak ngenes seperti plesetan MIPA= MInim Peluang kerjA, hihihi.

Cek, deh, 5 pilihan jurusan kuliah seru dalam bidang MIPA di bawah ini. Siapa tahu ada yang bikin kamu tertarik!

1. Astronomi‍ 

1

Sederhananya, Ilmu Astronomi mempelajari tentang benda-benda langit seperti bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, dan galaksi, fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer Bumi. Dengan menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek yang ada di langit, kamu akan banyak mempelajari tentang struktur, sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya. Jurusan ini dibagi menjadi tiga kehalian, yaitu Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, dan Kosmologi.

Apa, sih, yang bikin jurusan ini seru? Menguak rahasia alam semesta yang super luas dan belum pernah terjamah ini tentunya menarik banget, lho, gaes. Apabila kamu memang sudah memiliki ketertarikan terhadap luar angkasa dan ilmu perbintangan, kamu cocok banget memilih jurusan Astronomi.

Prospek kerja lulusan jurusan ini: Astronom‍, Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa

Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung‍ 

2. Bioteknologi‍ 

1

Bioteknologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia. yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman dan rekayasa genetika. Selain digunakan dalam pengembangan ilmu kesehatan, bioteknologi juga banyak berperan penting dalam pengembangan ilmu pangan.  

Apa, sih, yang bikin jurusan ini seru? Pengetahuan life science dewasa ini lagi naik daun banget, lho, gaes. Jurusan ini memungkinkan kamu untuk berkesplorasi dalam dunia biologi bersamaan dengan pesatnya perkembangan teknologi penelitian. Ya… mirip-mirip ilmuwan kece yang di film-film sci-fi gitu, deh. Keren!

Prospek kerja lulusan jurusan ini: Ahli Genetika‍, Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan ‍ 

Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan ini: Institut Teknologi Bandung‍, Institut Pertanian Bogor‍, Indonesia International Institute for Life Sciences‍ 

3. Budidaya Perairan‍ 

3

Bukan, sob, ini bukan jurusan yang kerjaannya ngurusin ekosistem dalam irigasi sawah. Jurusan ini mempelajari tentang perairan yang mencakup ilmu Biologi, Fisika, dan Kimia perairan. Selain mempelajari air secara lebih mendalam, jurusan ini juga mengarahkan mahasiswanya untuk mendalami dunia perikanan—mulai dari hukum tentang perikanan, penyakit ikan, teknologi pembenihan ikan, dan juga budidaya perikanan.

Apa, sih, yang bikin jurusan ini seru? Kamu yang memilik jurusan ini bisa dibilang sangat beruntung karena nggak akan kehabisan peluang kerja. Jurusan ini sangat dibutuhkan di negara kita karena geografisnya yang 70% wilayahnya adalah laut. Masih dibutuhkan banget, nih, ahli perairan untuk mencermati dan mengubah kondisi perikanan di Indonesia menjadi lebih baik!

Prospek kerja lulusan jurusan ini: Manajer Akuakultural‍, Spesialis Konservasi Alam

Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan ini: Universitas Brawijaya‍, Universitas Jenderal Soedirman‍ 

4. Ilmu Intelijen‍ 

4

Ilmu Intelijen dirancang khusus untuk siswa yang ingin berkarir sebagai seorang  intelijen (baik di pemerintahan ataupun swasta). Kamu akan dibekali cara-cara inovatif untuk membentuk pola pikir yang terstruktur untuk memecahkan masalah dunia nyata yang kompleks. Jurusan ini menitikberatkan pada perkembangan dunia analisis intelijen yang sangat dinamis, dengan penekanan pada penggunaan penelitian akademik sebagai metode analisis. Are you ready to be some kind of James Bond?

Apa, sih, yang bikin jurusan ini seru? Perubahan poros kekuatan ekonomi dan politik dunia, dan perkembangan teknologi dan internet yang dinamis turut mengubah cara kerja dunia intelijen, gaes. Perang konvensional, terorisme, penggunaan senjata biologis, degradasi lingkungan, spionase ekonomi, perang cyber, kejahatan trans-nasional dan pencurian informasi adalah beberapa ancaman nyata bagi keamanan negara kita. So, are you ready to be some kind of James Bond?

Prospek kerja lulusan jurusan ini: Intel Polisi dan Militer‍, Detektif dan Investigator Swasta

Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan ini: Sekolah Tinggi Intelijen Negara‍ 

5. Aktuaria

5

Aktuaria sering disebut sebagai ilmu “Matematika Asuransi”, soalnya karena memang hampir seluruh mata kuliah jurusan Aktuaria berkaitan dengan hitung-hitungan (matematika) dan aktuaria adalah ilmu tentang asuransi, alias pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Di jurusan ini, kamu akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer.

Apa, sih, yang bikin jurusan ini seru? Asal tahu aja, pemerintah Indonesia sekarang mewajibkan setiap perusahaan asuransi mempunyai minimal satu orang aktuaris, sementara perusahaan asuransi kadang memerlukan puluhan aktuaris. FYI, sekarang ini kurang lebih ada 90 perusahaan asuransi di Indonesia, lho. Intinya, potensi lahan kerja di bidang aktuaria tinggi banget!

Prospek kerja lulusan jurusan ini: Aktuaria ‍, Akuntan ‍ 

Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan ini: Institut Pertanian Bogor‍, Universitas Indonesia

(sumber gambar: guamcc.edu, emaze.com, vhluniversity.com, aquaculturemag.com, playbuzz.com, wineverygame.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deni Y | 1 hari yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
miaaa | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 5 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1