Ketika 24 Jam Sehari Udah Nggak Cukup, Apa yang Harus Kamu Lakukan?

acer

Di dunia ini, nggak ada orang yang nggak sibuk. Betul?

Entah kamu judulnya masih pelajar, mahasiswa, atau udah bekerja—masing-masing dari kamu punya agenda kegiatan tersendiri yang bikin keseharianmu terasa padat dan sibuk. Nah, pasti ada kalanya kesibukanmu itu bikin waktu 24 jam dalam sehari rasanya udah nggak cukup. Tugas belum kelar, tapi pas ngecek jam ternyata udah mendekati tengah malem aja. Duh!

So, untuk kamu yang punya produktivitas dan mobilitas tingkat dewa di kehidupan sehari-hari, wajar banget, kok, kalau kamu merasa demikian. Tapi, daripada cuma ngeluh dan tugas lama-lama makin numpuk, lebih baik kalau kamu lakukan hal-hal berikut ini.

1. Berdayakan to-do list dan skala prioritas

1

Yakin, deh, kamu pasti udah nggak perlu lagi baca penjelasan mengenai apa itu to-do list dan apa faedahnya dalam keseharianmu. Tapi, Youthmanual yakin banget kalau masih banyak dari kamu yang belum memberdayakan to-do list untuk bikin harimu lebih terarah dan tentunya tugas-tugas pun terselesaikan.

Kamu bisa coba membuat daftar kegiatan apa aja yang ingin kamu selesaikan dalam satu hari, biar kamu bisa meyusun jadwalmu dalam menyelesaikan masing-masing tugas dengan target waktu yang realistis. Jangan lupa susuk skala prioritas dari masing-masing tugas yang harus kamu selesaikan, agar kamu nggak sampai keteteran dengan urgensi masing-masing tugas. Greget banget, lho, rasanya kalau sampai salah menentukan prioritas dan bikin agenda kegiatan kamu jadi berantakan.

Untuk tips membuat to-do list dan skala prioritas, kamu bisa baca di sini dan di sini.

2. Maksimalkan manajemen waktu (luang)

Kalau kamu sudah bisa menyusun to-do list dan skala prioritas untuk setiap kegiatan, artinya kamu harus mulai bisa menerapkan manajemen waktu yang efektif agar tugas-tugasmu bisa terselesaikan sesuai rencana. Itulah sebabnya sedari awal kamu harus menetapkan target waktu yang realistis untuk menyelesaikan tugas-tugasmu, karena waktu 24 jam sehari udah nggak bisa diganggu gugat.

Ngomong-ngomong, kunci manajemen waktu yang baik nggak selalu soal memprioritaskan pekerjaan yang penting dan mendesak aja, lho. Kamu juga perlu memaksimalkan manajemen waktu luangmu di antara satu tugas dan tugas lainnya untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatan yang terkesan printilan tapi cukup nyusahin kalau jadi numpuk, seperti fotokopi materi pelajaran, baca email, atau sekadar balikin buku ke perpustakaan.

3. Jangan kurangi waktu istirahat

3

Kalau ngomongin 24 jam sehari itu nggak cukup, salah banget, sih, kalau kamu sampai kepikiran untuk memotong jam tidurmu sebagai solusi. Gimana pun sibuknya kamu, waktu istirahat bukanlah hal yang bisa kamu ganti dengan waktu produktivitasmu, gaes!

Udah banyak banget, lho, penelitian yang membuktikan bahwa tidur dan istirahat yang cukup bikin seseorang bisa jauh lebih hepi, lebih produktif, dan hasil pekerjaan yang lebih berkualitas dibanding mereka yang punya jadwal istirahat yang berantakan. Nggak lupa pula kalau kualitas dan kuantitas waktu istirahat kamu juga akan sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu secara keseluruhan. Why choose stress when you can sleep and get things done?

4. Berani katakan “tidak”

Meskipun menyatakan sesuatu yang negatif, bukan berarti bilang kata “tidak” bakal bikin kamu selalu rugi, kok. Apalagi kalau soal tugas dan kesibukan yang nggak ada habisnya—terkadang kata “tidak” bisa menyelamatkan hidupmu, lho.

Menolak sesuatu kesannya emang agak egois, tapi ini balik lagi dengan kemampuan dan kapasitasmu dalam mengerjakan sesuatu. Yang namanya tugas, kewajiban, dan tuntutan pasti bakal terus ada, dan nggak ada gunanya kalau kamu sampai maksain meng-iya-kan semuanya ketika jelas-jelas jadwal kamu udah overload. Hati-hati, jangan sampai kamu malah burnout sendiri!

Intinya, kalau emang tugas-tugas yang kamu emban udah diluar kapasitas, nggak ada salahnya untuk menolak tugas baru dengan sopan dan dengan alasan yang jelas. Atau, kalau kamu punya kewenangan, kamu bisa aja mendelegasikan tugas-tugas tersebut kepada orang terdekat atau orang lain yang masih sepertanggung jawaban denganmu.

5. Gunakan gadget yang menunjang produktivitas

Apalah artinya dari tadi udah panjang-lebar ngebahas manajemen waktu dan di waktu yang terasa pendik ini tanpa ngomongin soal sarana dan prasarana yang mendukung? Di era digital gini, kalau apa-apa ngerjainnya nggak pakai teknologi canggih, kurang afdol, ah. Yegak?

Bukan nggak mungkin, lho, kamu bisa memaksimalkan produktivitas tapi tetep tampil well-kept dan profesional meskipun otak keriting mikirin tugas-tugas yang nggak ada abisnya. Dengan gadget yang tepat, kamu bisa memanfaatkan 24 jam sehari untuk menyelesaikan seabrek kegiatanmu tanpa buang waktu.

Kalau kamu bingung harus pilih gadget yang mana, Youthmanual mau rekomendasiin laptop unggulan terbaru dari Acer— yaitu The New Acer Swift 7. Versi terbaru Swift 7 hadir dengan bodi jauh lebih ramping (8,98 mm aja!) dan dirancang lebih kuat dibandingkan para pesaingnya, karena telah dibekali Windows 10, prosesor Intel generasi ke-7 Core i7, baterai yang tahan lama, dan terintegrasi koneksi 4G LTE. Wih!

5

Dinobatkan sebagai laptop tertipis di dunia, Swift 7 pastinya nyaman banget untuk dibawa bepergian jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi. Selain itu, Swift 7 juga dilengkapi dengan SSD PCle 256 GB dan fingeryang bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan berbagai file penting dengan aman. Kamu juga nggak perlu khawatir kalau sampai kelupaan bawa charger karena memiliki daya tahan baterai sampai 10 jam.

Rekomendasi Swift 7 untuk kamu yang super sibuk tentunya nggak lengkap tanpa nge-mention fiturnya yang ‘serba cepat’. Swift 7 dibekali dengan slot kartu SIM nano dan Intel XMM 4G LTE ini, pengguna semakin aktif  dan produktif dan akan selalu terhubung kapan pun dan di mana pun. Ada juga eSIM (embedded SIM) yang memungkinkan kamu mengunduh dan mengaktifkan akun eSIM untuk dapat terhubung dengan mudah dan lancar di seluruh dunia tanpa perlu menukar kartu SIM.

Masih kurang canggih? Well, Swift 7 teknologi wireless 802.11 ac dengan 2×2 MIMO yang menyediakan koneksi internet andal agar kamu bisa puas melakukan streaming YouTube tanpa buffering, download film favorit dengan format HD, sampai posting video ke akun media sosial dalam hitungan detik. Jadi kamu nggak perlu ngeluh lagi, deh, kalau sehari cuma ada 24 jam dengan Acer Swift 7. Tinggal sat-set-sat-set, kelar!

(sumber gambar: creativeoutreach.com, cdn.com, simplifaster.com, acerid.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1