Persiapan Penting Sebelum Kuliah: Soft Skills yang Menunjang Kesuksesan Kamu Menjalani Perkuliahan

Kuliah tentu bukan perkara sembarangan. Kamu bakal mencurahkan tenaga dan uang, dari mulai proses pendaftaran, menjalani masa perkuliahan sampai lulus nanti. Selain itu, persiapan kuliah bukan cuma nilai akademis yang baik, tapi juga sikap dan mental yang oke.

Menurut David Conley, founder dan CEO dari the Educational Policy Improvement Center (EPIC), sekolah dirancang supaya murid bisa mendapatkan nilai yang baik dan lulus dari sekolah dengan gemilang. Tapi nggak banyak SMA yang mempersiapkan pelajar untuk sukses ketika kuliah nanti. Karena itu, sebagai calon mahasiswa, kita harus mempersiapkan sendiri segala informasi yang bisa menunjang dan mempermudah hidup kita ketika kuliah nanti.

Termasuk soft skills di bawah ini:

Kemampuan untuk menolong diri sendiri – Kamu harus belajar untuk mengindentifikasi hal-hal yang kamu butuhkan dan belajar menyampaikannya dengan baik kepada orang lain. Misalnya, ketika kuliah nanti, kamu bakal butuh BANYAK buku untuk menunjang pembelajaran di kelas. Nah, kamu harus bisa memilah mana buku yang paling dibutuhkan, mana yang bisa dibeli atau dipinjam dan bagaimana cara mendapatkannya.

Kemampuan untuk memikul tanggung jawab – Anak kuliah nggak kayak anak SMA, sob. Kamu udah harus mulai belajar bertanggung jawab terhadap semua pilihan kamu. Misalnya, kamu akan diminta memilih mata kuliah yang akan kamu ambil. Maka kamu harus bertanggung jawab mengikuti mata kuliah tersebut dengan sungguh-sungguh.

Kemampuan untuk mengatur diri sendiri – Pengaturan waktu adalah salah satu yang wajib banget kamu kuasai ketika masuk kuliah nanti. Apalagi kalau kamu jadi anak kost, kamu harus bisa mengurus kesehatan, jam makan, membersihkan kamar, mengatur keuangan dan lain sebagainya. Mengatur diri sendiri dengan baik bakal ngaruh ke masa depan kamu, lho!

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik – Di kampus, kamu bakal butuh banget kemampuan untuk berkomunikasi dan mendengarkan dengan baik. Kamu bakal berkomunikasi sama dosen, teman sekelas, teman satu kost bahkan kenalan dengan teman-teman dari fakultas lain.

Kemampuan untuk berinovasi dan berpikir kreatif – Menjadi mahasiswa gemilang harus bisa “think outside the box”. Dosen bakal banyak ngasih tugas yang menuntut kreatifitas dan cara baru untuk melihat sebuah permasalahan.

Kemampuan untuk belajar dengan efektif – Banyak PR? Jangan ngeluh dulu, sob! Karena ketika kamu menjadi mahasiswa nanti, tugas kamu bakal lebih banyak lagi. Karena itu asahlah kemampuan untuk belajar dengan efektif dari sekarang. Misalnya,  membaca dan membuat catatan dengan baik, membuat esai, dan mempersiapkan diri menjelang ujian.

Kemampuan untuk menggunakan teknologi – Seharusnya, teknologi mempermudah kita untuk sukses menjalani masa kuliah. Karena itu, kemampuan komputer yang mumpuni udah jadi hal wajib, sob! Mahasiswa bakal dituntut untuk mencari informasi lewat internet, penelitian dengan software, berkomunikasi lewat email dan lain sebagainya.

Soft Skill Mahasiswa 3 - Youthmanual

Kemampuan untuk menerima perbedaaan – Salah satu yang paling menyenangkan dari menjalani masa perkuliahan adalah kita bisa ketemu banyak orang dari berbagai daerah dan latar belakang. Kamu bakal saling bertukar pengalaman dengan teman-teman kampus dan harus bisa bertoleransi terhadap perbedaan tersebut. Meskipun kamu nggak setuju terhadap seuatu hal, kamu harus bisa menyampaikan hal itu dengan baik, atau belajar untuk menyesuaikan diri dengan keadaan. Kamu juga harus bisa bekerja dalam tim.

Kemampuan untuk bekerja secara mandiri – Menjadi anak kuliahan berarti harus bisa memotivasi diri sendiri. Dosen nggak seperti guru, lho. Mereka nggak bakal peduli kamu masuk kelas atau nggak. Itu kenapa anak kuliah seringkali diingatkan bahwa mereka nggak bakal “disuapin” lagi. Kamu harus berusaha untuk mengatur jadwal dan mengurus nilai-nilai kuliah sendiri.

Kemampuan untuk membuat target personal – Sebuah penelitian bilang bahwa mahasiswa yang punya mimpi jauh lebih fokus untuk menjalani pembelajaran di kampus. Target yang jelas bakal bikin kamu stay on the track dan nggak akan membiarkan hal-hal kurang penting mengganggu kamu. Kamu juga disarankan untuk lebih banyak terlibat dengan kegiatan kampus yang bisa menambah pengalaman kamu.

(sumber gambar: keyword-suggestions.com, cuddlecube.com, hercampus.com, goodcall.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rio priyatna Rio | 1 hari yang lalu

Wajib diperbaiki dan konfirmasi ke dosen pengampu bersangkutan

Serba-Serbi IP, IPK, dan Sistem Nilai di Perguruan Tinggi
vegas4D | 1 bulan yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 3 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1